Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salurkan Dana FLPP Tahun 2023, BP Tapera Bakal Gandeng 40 Bank

Kompas.com - 25/12/2022, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan mengadakan perjanjian kerja sama dengan 40 bank penyalur dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun 2023.

Hal ini disampaikan Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (25/12/2022).

"Dalam beberapa hari ini, kami akan mengadakan perjanjian kerja sama dengan 40 bank penyalur untuk tahun 2023 yang terdiri dari 7 bank nasional dan 33 Bank Pembangunan Daerah (BPD)," tutur Adi.

Hal ini lantaran BP Tapera memiliki target untuk menyalurkan dana FLPP senilai Rp 25,18 triliun bagi 220.000 unit rumah.

Target ini telah ditetapkan pemerintah agar dapat diselesaikan dengan baik dan tetap memperhatikan kualitas dan ketepatan sasaran.

Baca juga: Tutup Tahun 2022, BP Tapera Salurkan Dana FLPP Rp 25 Triliun

Adapun saat ini, BP Tapera telah merealisasikan dana senilai Rp 25,15 triliun untuk membiayai 226.000 unit rumah sepanjang tahun 2022.

Adi mengatakan, pihaknya bersyukur atas pencapaian yang didapatkan. Sebab, kata dia, BP Tapera mampu membuktikan sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP) yang bisa diandalkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Semua ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara bank penyalur dan pengembang perumahan yang berkomitmen membuktikan kinerjanya," terang Adi.

Berdasarkan kontrak kinerja antara BP Tapera dengan Kemenkeu yang ditandatangani Maret 2022 lalu, ini mencakup tiga hal.

Adapun ketiganya adalah layanan prima yang meningkat, peningkatan akuntabilitas pengelolaan dana FLPP yang berkesinambungan, serta kinerja pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com