Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Libur Natal, 60.000 Kendaraan Lintasi GT Palimanan Tol Cipali

Kompas.com - 25/12/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali mencatat, sebanyak 60.000 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada periode Sabtu (24/12/2022).

Kepala Divisi Astra Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan, apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021, terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) sebesar 15 persen.

Terhitung sejak memasuki libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mulai Selasa (20/12/2022) hingga Sabtu (24/12/2022), volume kendaraan yang melintas di GT Palimanan sebesar 250.000 kendaraan.

Untuk mendukung terciptanya arus yang lancar, aman, dan nyaman di Tol Cipali, sebanyak 12 unit mobil Patroli, 5 unit ambulans, 12 unit kendaraan derek, 2 unit mobil rescue dan 6 unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) siap membantu selama 24 jam.

"Ini dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jalan," terang Sri dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (25/12/2022).

Astra Tol Cipali juga memberikan fasilitas layanan berupa 8 rest area yang tersebar di 4 arah Jakarta dan 4 arah Cirebon untuk dapat dimanfaatkan oleh pengguna jalan yang hendak beristirahat.

Baca juga: Jelang Natal-Tahun Baru, 49.000 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Apabila kapasitas rest area di Tol Cipali sudah dalam kapasitas maksimal, pengguna jalan diimbau untuk dapat berisitirahat di rest area berikutnya atau keluar ke gerbang tol (GT) terdekat demi menghindari terjadinya atrean.

Astra Tol Cipali juga mengajak para pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu keselamatan dan rambu batas kecepatan maksimal 100 kilometer per jam dan rambu batas kecepatan minimal 60 kilometer per jam saat mengemudi. 

Pada musim penghujan seperti sekarang ini, pengguna jalan diimbau untuk dapat memacu kendaraan dengan batas kecepatan maksimal 70 kilometer per jam.

"Pastikan kondisi kendaraan dan fisik Anda dalam kondisi prima saat mengemudi," ungkap dia.

Baca juga: Tol Cijago Seksi 3A Kukusan-Krukut Bisa Dilintasi, Catat Waktunya

Dia mengharapkan para pengendara selalu memantau lalin pada rute yang akan dilaluinya agar perjalanan nyaman.

Lalu memperhatikan hal-hal terkait keselamatan, mulai dari memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas, dan bila perlu pasang aplikasi google maps/waze untuk mengetahui posisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com