Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III-2022, Jasa Marga Cetak Pendapatan Usaha Rp 10,2 Triliun

Kompas.com - 15/11/2022, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 10,2 triliun pada kuartal III-2022 atau tumbuh 23,7 persen dibanding periode yang sama 2021.

Angka tersebut dikontribusi oleh pendapatan tol Rp 9,3 triliun yang naik 22,6 persen dan pendapatan usaha lain Rp 892,1 miliar atau naik 36,3 persen.

Artinya, kinerja Jasa Marga bertumbuh positif dan mendorong kenaikan laba bersih yang berhasil sebesar 34,4 persen.

Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan.

Selain itu, EBITDA Jasa Marga mengalami pertumbuhan sebesar 20,3 persen seiring dengan peningkatan kinerja pendapatan tol.

Baca juga: Pangkas Utang Rp 23 Triliun, Waskita Lego Saham 5 Jalan Tol

Begitu juga dengan realisasi EBITDA Margin yang mencapai 63,3 persen dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi oleh Jasa Marga.

Sementara dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, sepanjang tahun 2022 Jasa Marga melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis.

Saat ini Jasa Marga tengah menyiapkan program equity fundraising melalui PT JTT sebagai tindak lanjut rencana Perseroan untuk mendapatkan pendanaan baru berbasis ekuitas.

Di sisi lain, Jasa Marga mengelola total 50 persen jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 kilometer dari total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1.809 kilometer.

Jasa Marga juga terus berkomitmen untuk mencapai target proyek jalan tol pada periode 2022-2025 dengan tetap mengendalikan aktivitas konstruksi dan membangun secara bertahap.

Baca juga: Hingga 2025, Waskita Berencana Jual Saham 5 Jalan Tol

Beberapa proyek jalan tol yang dimaksud di antaranya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono, Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda.

Kemudian, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com