Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 2025, Waskita Berencana Jual Saham 5 Jalan Tol

Kompas.com - 14/11/2022, 12:29 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk berencana melepas kepemilikan lima saham jalan tol hingga tahun 2025.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis Waskita Karya Septiawan Andri Purwanto dalam konferensi pers usai Public Expose, Senin (14/11/2022).

"Pertama, mengenai strategic partnership (kemitraan strategis) lima ruas jalan tol hingga tahun 2025. Jadi, ada lima yang kalau boleh saya sebutkan," ucap Septiawan.

Septiawan menjabarkan, kelimanya adalah Jalan Tol Pemalang-Batang, Tol Depok-Antasari (Desari), dan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro).

Selanjutnya, perseroan juga rencananya ingin melepas ruas tol yang dikelola PT Kresna Kusuma Dyandra Marga atau KKDM yang merupakan pengelola Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Baca juga: Dapat PMN 2021 Rp 3 Triliun, Waskita Kebut Tol Kramasan-Betung

Sementara yang terakhir, perseroan masih ingin melakukan kajian atas pelepasan saham antara Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) atau Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Karena seluruh ruas belum sepenuhnya selesai, maka Waskita Karya berfokus pada penyelesaian tol tersebut dengan dukungan pemerintah.

"Harapannya, tahun ini sampai tahun depan ruas-ruas tersebut bisa kita selesaikan, kita akan lihat seberapa jauh LHR (Lalu-lintas Harian Rata-rata) tol tersebut apakah sesuai dengan perencaan di awal," tambah Septiawan.

Dengan demikian, perseroan memiliki keyakinan jika ruas-ruas tol tersebut nantinya akan didivestasi.

Sebelumnya, Waskita melalui anak usahanya di bidang jalan tol, PT Waskita Toll Road atau WTR telah resmi melepas kepemilikan saham dua ruas Jalan Tol Trans-Jawa yang dimiliki kepada Indonesia Investment Authority (INA), Selasa (6/9/2022).

Keduanya adalah Tol Kanci-Pejagan dan Tol Pejagan-Pemalang dengan total panjang mencapai 94 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com