Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Hadi Serahkan 13 Sertifikat Tanah untuk Warga Cilincing

Kompas.com - 03/08/2022, 07:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menyerahkan 13 sertifikat tanah secara langsung kepada masyarakat di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Penyerahan yang berlangsung dari pintu ke pintu tersebut berlangsung pada Selasa (02/08/2022).

Dengan penyerahan sertifikat secara langsung ini, Menteri Hadi ingin memastikan proses pengurusan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berjalan dengan baik dan lancar.

"Saya takut hanya beberapa masyarakat saja yang mengatakan lancar, tapi yang di gang-gang kecil ini dipersulit. Setelah saya berkomunikasi langsung, mereka tidak dipersulit semua lancar, tidak ada masalah," ungkap Hadi seperti dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN.

Baca juga: Pejabat BPN Bogor Terlibat Mafia Tanah, Modusnya Hapus Data Sertifikat Asli

Menteri Hadi juga berpesan kepada masyarakat yang ingin bertransaksi menggunakan sertifikat, langsung diurus ke Kantor Pertanahan setempat dan tidak perlu melalui perantara.

"Seperti ingin meningkatkan hak, diurus langsung. Karena Kantor Pertanahan sudah saya perintahkan untuk buka hari Senin sampai Jumat untuk memberikan layanan secara khusus dengan loket. Kami juga buka Sabtu dan Minggu kita memberikan pelayanan dari jam 8 sampai 12 untuk masyarakat yang mengurus sendiri,” jelasnya.

Dengan turun langsung ke lapangan, Menteri Hadi juga melihat situasi dengan nyata bahwa masyarakat sangat membutuhkan sertifikat tanah bagi kepastian hukum hak atas tanahnya. Selain itu, ia juga dapat mendengar langsung kebutuhan masyarakat.

Oleh sebab itu, Hadi Tjahjanto terus berkomitmen untuk mendaftarkan seluruh bidang tanah, harus terdaftar dan memberikan sertifikat kepada masyarakat.

"Ini menjadi jalan keluar supaya saya tidak hanya melihat di atas meja saja, saya ingin di lapangan karena masyarakat juga butuh mendapatkan kepastian agar rasa keadilan bagi masyarakat, kemudian adalah hak atas masyarakat kepastian hukum khususnya itu jelas, masyarakat pun senang," tandas Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca juga: Begini Cara Menteri Hadi Atasi Pungli Sertifikat Tanah

Sementara itu, Nuraini, salah satu warga Semper Barat yang menerima sertifikat tanah langsung dari tangan Menteri ATR/Kepala BPN mengaku sempat terkendala dalam pengurusan sertifikat.

Ketika ditelusuri, ternyata kendalanya terletak pada kelengkapan dokumen yang diajukan.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar. Terima kasih kepada semua, BPN, Pak Lurah, khususnya Pak Menteri, terima kasih banyak," ungkap Nuraini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com