Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ada Kebijakan Penyesuaian, Tarif Tol Pondok Aren-Serpong Tak Naik

Kompas.com - 29/06/2022, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan peraturan yang berlaku, jalan tol akan mengalami penyesuaian tarif dalam periode tertentu.

Kebijakan ini telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Selain itu, penyesuaian tarif tol juga diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Kendati demikian, kebijakan penyesuaian ini tak selalu berimbas pada naiknya tarif tol. Salah satunya terjadi di ruas Tol Pondok Aren-Serpong yang tak mengalami perubahan tarif.

"Dalam waktu dekat penyesuaian tarif untuk ruas Tol Pondok Aren-Serpong akan diberlakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022," kata Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Ada Pemeliharaan di Tol Jakarta-Tangerang, Catat Jadwal dan Lokasinya!

Penyesuaian ini dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan regulasi yang berlaku dengan skema perhitungan tarif lama disesuaikan dengan inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

Sementara berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka inflasi Kota Tangerang Selatan selama 2 tahun terakhir sebesar 2,46 persen.

Ini mengakibatkan tidak terjadi perubahan tarif untuk ruas Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Indonesia telah membagi tarif tol di tiap gerbang menjadi lima golongan kendaraan.

Sedangkan ruas Jalan Tol Pondok Aren–Serpong saat ini mempunyai 2 gerbang tol (GT) yakni GT Pondok Aren 1 dan GT Pondok Aren 2 yang terdiri dari 5 gardu tol otomatis (GTO) dan 2 gardu hybrid.

Baca juga: BUJT Diminta Lakukan Perbaikan Tol Mulai Juli Ini

Adapun tarif yang berlaku untuk Jalan Tol Pondok Aren-Serpong adalah sebagai berikut:

  • Golongan I: Rp 7.000
  • Golongan II: Rp 13.500
  • Golongan III: Rp 13.500
  • Golongan IV: Rp 16.000
  • Golongan V: Rp 16.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com