Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Ini Pemenang Sayembara Istana Wapres Hingga Kantor Legislatif di IKN

Kompas.com - 29/06/2022, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menetapkan pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Selasa (28/06/2022).

Sayembara ini mencakup Kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres), Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, serta Kompleks Peribadatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, IKN akan dibangun secara bertahap hingga tahun 2045 dengan konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

Pada tahap awal tahun 2022-2024, pengerjaan pembangunan IKN akan memprioritaskan pada zona 1A-1 dan 1A-2 dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seluas 6.671 hektar.

Baca juga: Pemenang Sayembara Bakal Ditetapkan sebagai Basic Design Bangunan Gedung IKN

Adapun sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN mulai dibuka pada 28 Maret 2022 lalu.

Kemudian proses penjurian Tahap 1 berlangsung pada 6-10 Juni 2022 untuk menentukan tiga desain terbaik.

Berlanjut pemeringkatan 3 karya terbaik pada 20-22 Juni 2022. Setelah itu, Menteri PUPR bersama dewan juri menetapkan karya pemenangnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti menambahkan, desain yang terpilih telah memenuhi kriteria konsep perancangan kawasan dan bangunan di IKN.

Di antaranya memenuhi key performance indicator (KPI) terkait bangunan gedung yang telah ditetapkan dalam Dokumen Urban Design KIPP IKN.

Lalu, desain mencerminkan identitas bangsa dalam interior maupun eksterior bangunan, memperhatikan peraturan dan ketentuan berlaku tentang Bangunan Gedung Negara (BGN)

Serta, menerapkan prinsip green building, dan menerapkan prinsip kemudahan bangunan gedung.

"Dengan melakukan sayembara ini kita harapkan mendapatkan hasil yang terbaik yang tentunya sesuai harapan kita bersama," tutup Diana, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Rabu (29/06/2022).

Baca juga: Lagi, Sejumlah Proyek IKN Dilelang, Salah Satunya Istana Negara

Untuk pemenang Kompleks Istana Wapres, diputuskan tidak ada Juara 1. Namun, terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai Juara 2.

Keduanya adalah karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan. Sedangkan untuk Juara 3 diraih karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Lalu untuk pemenang sayembara Kompleks Perkantoran Yudikatif meliputi, karya berjudul Adil Ka Talino sebagai Juara 1, karya berjudul Paramarta sebagai Juara 2, dan karya berjudul Cakra Nusantara sebagai Juara 3.

Selanjutnya untuk Kompleks Perkantoran Legislatif juga diputuskan tidak ada Juara 1. Tetapi terdapat dua karya sebagai Juara 2.

Yaitu karya berjudul Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Sedangkan, Juara 3 dimenangkan oleh karya berjudul Lingkar Demokrasi.

Sementara untuk Kompleks Peribadatan, tiga karya ditetapkan sebagai Juara 2. Yaitu karya berjudul Akur Rukun, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan Humanity Beyond Religion.

Para pemenang akan mendapat penghargaan berupa uang tunai dengan rincian, juara 1 sebesar Rp 500 juta, Juara 2 sebesar Rp 250 juta, dan Juara 3 sebesar Rp 150 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com