Kompas.com - 29/06/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Singapura ternyata menjadi kota yang paling layak huni di Asia Tenggara bila dibandingkan dengan 9 kota lainnya dalam laporan indeks kota paling layak huni tahun 2022 atau The Global Liveability Index 2022.

Laporan tersebut dirilis oleh Divisi penelitian dan analisis dari perusahaan The Economist Group, Economist Intelligence Unit (EIU) setelah mensurvei 172 negara di dunia.

Dari total 172 negara tersebut, terdapat 10 negara yang di survei yakni Bangkok, Bandar Seri Bengawan, Hanoi, Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Phnom Penh, Penang, Singapura dan Surabaya.

Baca juga: Ini Tiga Percontohan Pengembangan Trotoar Laik Fungsi di Jakarta

Dibandingkan 9 kota lainnya, Singapura berhasil meraih nilai indeks tertinggi yakni 89. Secara global, Singapura berada di posisi ke-40.

Terdapat lima indikator kelayakan huni sebuah kota yang dinilai yakni soal stabilitas, kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta budaya dan lingkungan.

Berdasarkan survei, indikator pendidikan dan infrastruktur di Singapura mendapatkan skor 100. Sedangkan indikaor stabilitas skornya 95, kesehatan 92 serta budaya dan lingkungan 66.

Di bawah Singapura, ada Kuala Lumpur dengan nilai indeks 68, di mana secara global koa ini berada di posisi 113 dunia. Selanjutnya di posisi lima besar, berturut-turut ada Penang, Bangkok dan Manila.

Jakarta dan Surabaya diketahui berada di posisi tiga terbawah bila dibandingkan kota-kota lainnya.

Baca juga: Apakah Ibu Kota Jakarta Layak untuk Dihuni?

Berdasarkan survei, total nilai indeks kelayakan yang didapatkan oleh Jakarta adalah 51, di mana secara global ada di peringka 153.

Sementara Surabaya, berada di peringkat yang lebih rendah yakni peringkat 155 secara global dengan total nilai indeks kelayakan huni adalah 50.

Sedangkan ibu kota Kamboja, Phnom Penh berada di posisi paling buntut bila dibandingkan dengan 9 negara lainnya dengan nilai indeks layak huni sebesar 47. Kota ini ada di peringkat 160 secara global.

Mayoritas kota di Asia Tenggara memang masih sangat jauh dibandingkan dengan kota-kota di Eropa Barat dan Kanada yang mendominasi posisi 10 besar.

Tahun ini, Ibu Kota Austria, Wina, kembali mendapatkan predikat sebagai kota paling layak huni di dunia setelah sebelumnya mendapatkan predikat yang sama tahun 2018 dan 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.