Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Kamis Besok, Stasiun Matraman Diuji Coba Operasional

Kompas.com - 15/06/2022, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenhub akan melangsungkan uji coba operasional Stasiun Mataraman untuk naik dan turun penumpang KRL mulai Kamis (16/06/2022).

Stasiun yang dibangun sejak tahun 2016 oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan ini diperuntukkan melayani perjalanan KRL lintas Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta-Banten, Rode Paulus mengatakan, berbagai persiapan teknis sudah dilakukan. Termasuk kelengkapan fasilitas pelayanan dan keamanannya.

"Mulai Kamis ini, kami akan mengoperasikan Stasiun Matraman, selama satu minggu kedepan kami lakukan uji coba operasional naik-turun penumpang dari dan ke Stasiun Matraman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/06/2022).

Baca juga: Unggahan Viral Ibu Hamil Lelah Naik Tangga di Stasiun Cakung, Bagaimana Aturannya?

Stasiun Matraman dilengkapi fasilitas seperti ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, mushala, fasilitas untuk pengguna disabilitas serta area parkir yang memadai.

Namun sebagai stasiun baru, pihaknya akan tetap melakukan monitoring secara intensif untuk meminimalisir permasalahan yang timbul.

Termasuk selalu memperhatikan akses perpindahan penumpang di dalam Stasiun yang kami sediakan dari mulai tangga, lift, dan eskalator.

"Untuk itu kami upayakan semua fasilitas dalam stasiun dapat berfungsi dengan baik dan dapat dipergunakan secara optimal," tandasnya.

Menurut Rode, Stasiun Matraman berada di lokasi yang strategis. Yakni di antara Stasiun Manggarai dan Jatinegara.

Akses menuju Stasiun Matraman juga terhubung langsung dengan Jalan Raya Matraman yang terintegrasi dengan halte bus Transjakarta koridor 5.

"Kami harapkan dengan kehadiran Stasiun Matraman dapat mempermudah aksesibilitas masyarakat kawasan sekitar yang sebelumnya harus menuju Stasiun Manggarai atau Jatinegara untuk dapat menggunakan KRL," tukasnya.

 

Penulis: Isna Rifka Sri Rahayu | Editor: Akhdi Martin Pratama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com