Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur KA Bogor-Sukabumi Dipastikan Layani Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 03/04/2022, 21:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comJalur Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi ditargetkan beroperasi mulai 10 April 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, dengan beroperasinya jalur tersebut, masyarakat dapat terlayani pada momen mudik Lebaran 2022.

Adapun tarif dan jadwal keberangkatan KA rute Bogor-Sukabumi akan diumumkan lebih lanjut oleh PT KAI.

Baca juga: Stasiun Kereta Rute Bogor-Sukabumi Akan Direvitalisasi dengan Konsep Heritage

"Saya pastikan akhir Minggu ini, warga Bogor sudah bisa jalan-jalan ke Sukabumi dengan kereta yang lebih cepat dan kereta yang lebih banyak," kata Budi dalam keterangannya, Minggu (03/04/2022).

Budi menjelaskan jalur kereta Bogor-Sukabumi bukan hanya untuk mengangkut orang tetapi juga barang sehingga aktivitas ekonomi kembali menggeliat di kedua daerah tersebut.

Karena itu, Kemenhub bersama Pemerintah Kota Bogor dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan mengembangkan area stasiun agar terhubung dengan tempat-tempat wisata dan perdagangan.

Dalam konsep pengembangan sektor wisata ini, Budi mendukung pengembangan nilai-nilai sejarah yang akan dipertahankan kedua daerah sebagai daya tarik wisata.

Mulai dari pengembangan wisata sejarah di Stasiun Batutulis hingga Stasiun Cicurug.

Sebelumnya, Kemenhub membangun double track untuk jalur Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi.

Baca juga: Siap-Siap, KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Pekan Depan

Pembangunan double track ini, membuat operasional KA Pangrango yang melayani perjalanan Bogor-Sukabumi dihentikan sementara selama kurang lebih 8 bulan.

Menurut Budi, pembangunan jalur ganda bertujuan untuk menambah kapasitas kereta api sekaligus memangkas waktu tempuh perjalanan yang semula sekitar 100 menit bisa lebih singkat hanya 80 menit.

Dengan jalur ganda itu juga maka jumlah kereta api yang beroperasi dapat meningkat.

Untuk diketahui, pembangunan jalur ganda Bogor-Cicurug-Sukabumi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembiayaan yang berasal dari Surat Berharga Syariah Nasional dan APBN multiyears/tahun jamak.

Adapun lintasan jalur ganda Bogor-Sukabumi dengan total sepanjang 57,650 kilometer spoor (km’sp) ini telah selesai dikerjakan sepanjang 26,6 km’sp pada segmen Paledang Bogor-Cicurug.

Sedangkan untuk segmen parsial Cicurug–Sukabumi dengan total sekitar 31,05 km’sp rencananya akan dikerjakan pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com