Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara yang Benar Bersihkan Jendela Rumah Anda

Kompas.com - 03/04/2022, 18:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela tanpa kaca, terutama di bagian luar biasanya memiliki lebih banyak kotoran dan noda dari pada sisi bagian dalam.

Jendela seperti ini biasanya terbuat dari material kayu dan untuk membersihkannya, dibutuhkan cara yang benar agar tampilan eksterior rumah Anda bisa terlihat lebih kinclong.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bilas jendela dengan air dari selang. Kemudian isi ember dengan air bersih dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring cair.

Dengan menggunakan kain mikrofiber yang lembut, usap seluruh permukaan jendela. Untuk jendela yang lebih tinggi, gunakan pel spons (atau pel berbahan katun) pada kayu pel. 

Baca juga: Mengapa Jendela Perlu Diganti? Ketahui Alasannya

Setelah itu, singkirkan semua air di jendela hingga kering menggunakan pembersih karet. Keringkan permukaan jendela dengan handuk bersih atau kertas koran.

Untuk kotoran dan noda membandel, termasuk kotoran burung, basahi permukaan jendela dengan cuka dan air hingga bersih. Diamkan selama beberapa menit sebelum mengering.

Anda juga dapat mencoba menggosok jendela yang memiliki noda dengan spons lembut. Namun jangan gunakan kawat baja keras karena akan menggores permukaan jendela.

Jangan lupa bersihkan bagian kisi-kisi jendela. Kemudian bilas dengan air biasa, dan semprot dengan campuran larutan cuka dan air.

Baca juga: Singkirkan Jamur dari Kursi, Pintu, dan Jendela Kayu dengan Cara Ini

Bersihkan menggunakan sikat gigi bekas lalu bilas lagi dengan air bersih. Biarkan hingga benar-benar kering. 

Terkadang jendela juga bisa terkena noda dari endapan mineral, terutama  bila Anda tinggal di area yang memiliki air sadah.

Untuk membersihkan jendela,Anda bisa memanfaatkan pembersih komersial karena lebih efektif ketimbang air sabun atau campuran cuka dan air.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bob Vila
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com