Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru! Begini Trik Membeli Furnitur Antik Kualitas Terbaik

Kompas.com - 03/04/2022, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur antik merupakan strategi cerdas untuk mendapatkan furnitur berkualitas baik dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan yang baru.

Selain terjangkau dari segi biaya, furnitur antik dapat menambahkan orisinalitas dan daya tarik untuk tampilan hunian Anda.

Membeli furnitur antik sedikit berbeda belanja barang bekas yang biasa karena yang Anda tidak mencari furnitur bekas melainkan furnitur dari era tertentu.

Untuk memenuhi syarat sebagai furnitur antik furnitur tersebut harus berusia setidaknya 30 hingga 40 tahun. Ada pula yang sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Baca juga: Apakah Minyak Goreng Bisa Digunakan untuk Memoles Furnitur Kayu?

Meskipun kini banyak toko online yang juga menjual furnitur antik, namun pembelian via online memiliki risiko yang cukup tinggi.

Selain barang tidak dapat diamati langsung, risiko kerusakan saat pengiriman juga besar terlebih dari toko yang lokasinya jauh dari tempat tinggal Anda.

Agar mendapatkan furnitur antik terbaik, jelajahi toko barang antik di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda dapat berkunjung ke pasar loak atau ke balai lelang.

Toko barang antik sering kali menurunkan harga barang yang belum terjual setelah jangka waktu tertentu.

Jika Anda sering berkunjung ke toko barang antik, maka Anda memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan penawaran diskon.

Tips selanjutnya agar mendapatkan furnitur antik terbaik adalah memilih barang-barang dari material keras seperti furnitur ruang makan, lemari, atau peti penyimpanan.

Baca juga: Mengapa Soda Kue Tak Bisa Jadi Alat Pembersih Furnitur Kayu?

Sebelum membeli, pastikan furnitur antik yang Anda pilih memiliki kualitas bagus. Hindari furnitur yang dibuat dengan bahan murah dan kualitas pengerjaan buruk.

Tentu saja, Anda tidak membeli furnitur antik untuk menyimpannya di gudang. Jadi pertimbangkan ukuran ruangan dalam rumah Anda saat membelinya.

Furnitur selalu terlihat terlalu besar atau terlalu kecil di toko. Karena itu, ukurlah ruangan di mana Anda akan meletakan furnitur antik agar produk yang dibeli bisa sesuai dengan skala. 

Demikianlah tips yang bisa Anda bila ingin membeli furnitur antik dengan kualitas terbaik.

Lakukan kunjungan ke beberapa toko hingga menemukan furnitur yang sesuai dengan selera serta dana yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com