Siap-siap, KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Pekan Depan

Kompas.com - 03/04/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Pangrango rute Bogor-Sukabumi akan kembali beroperasi pada 10 April 2022.

"Masyarakat dari Bogor dan Sukabumi akan dapat menikmati perjalanan kereta api rute Bogor-Sukabumi mulai akhir pekan ini," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam tinjauannya seperti dikutip Antaranews, Minggu (03/04/2022).

Hingga saat ini, Kemenhub masih melakukan pembangunan jalur ganda (double track)  untuk jalur Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi.

Baca juga: Jalur Kereta Api Garut-Cibatu Kembali Beroperasi

Pembangunan double track ini membuat operasional KA Pangrango yang melayani perjalanan Bogor-Sukabumi dihentikan sementara selama delapan bulan.

Budi menjelaskan, pembangunan jalur ganda bertujuan untuk menambah kapasitas kereta api sekaligus memangkas waktu tempuh perjalanan.

Waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang semula sekitar 100 menit bisa lebih singkat hanya 80 menit. Dengan jalur ganda itu juga, maka jumlah kereta api yang beroperasi dapat meningkat.

"Hal ini tidak lain adalah untuk meningkatkan konektivitas sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," imbuh Budi.

Budi menuturkan sejumlah tantangan dalam pembangunan jalur ganda, salah satunya yaitu terdapat sejumlah titik yang memiliki level ketinggian tanah berbeda-beda.

"Karena itu, Kami melakukan upaya rekayasa konstruksi untuk mengurangi ketinggian dalam membuat jalur ganda ini," ucap dia.

Diketahui, perjalanan kereta api Bogor-Sukabumi akan melewati sembilan stasiun dan tiga pemberhentian yaitu Stasiun Bogor, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karang Tengah, Cisaat, dan Stasiun Sukabumi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.