Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Diresmikan, Dua Rusun di Ponpes Ini Bisa Tampung 272 Orang

Kompas.com - 20/01/2022, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua rumah susun (rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Quran Az-Zayadiy di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, diresmikan Ketua DPR RI Puan Maharani, Rabu (19/01/2022).

Rusun tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas meubelair serta konstruksi bangunan yang kokoh, sehingga dapat mendorong semangat belajar para santri di Ponpes tersebut.

"Saya yakin Ponpes Al-Quran Az-Zayadiy mampu mencetak santri yang religius dan memiliki wawasan kebangsaan," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani saat peresmian dikutip dari situs Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Rabu (19/1/2022).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan rusun tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mendorong Program Sejuta Rumah di Indonesia.

Baca juga: Tahun Ini Akan Dibangun 12.787 Rusun

Dia berharap dua rusun tersebut dapat dimanfaatkan oleh santri dan santriwati untuk belajar terbiasa tinggal di hunian vertikal sekaligus menciptakan generasi muda yang unggul.

"Pembangunan rusun bagi lembaga pendidikan berasrama seperti Ponpes bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup para santri, sehingga dapat menciptakan SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing,” harapnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Dirjen Perumahan Kementerian PUPR M. Mulya Permana menyampaikan, ada dua pembangunan rusun di Ponpes Al-Quran Az-Zayadiy.

Satu tower untuk santri setinggi tiga lantai tipe barak dengan kapasitas tampung 144 orang. Selanjutnya satu tower untuk santriwati setinggi tiga lantai tipe barak dengan kapasitas 128 orang.

Rusun yang dikhususkan untuk santri putra tersebut memiliki keunikan desain yang tidak menggunakan tipologi, melainkan didesain khusus menyesuaikan kondisi eksisting lahan yang memanjang.

Selain desainnya yang khusus sesuai dengan kondisi lahan, rusun ini jadi embrio perkembangan kawasan pondok pesantren.

"Dahulu kawasan ini masih berupa lahan kosong, namun setelah rusun dibangun, Yayasan lalu membangun sekolah, masjid, pendopo, dan fasilitas lainnya," terang Mulya Permana.

Pembangunan Rusun dilaksanakan pada tahun 2018 dan tahun 2020-2021. Rusun bagi santri putri dibangun oleh kontraktor PT Insan Pesona dengan nilai proyek sebesar Rp 5,4 miliar dan disupervisi oleh MK PT Sarana Budi Prakarsaripta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com