Kompas.com - 20/01/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bakal mengalami perubahan, seiring proses revitalisasi yang dilakukan mulai Januari ini.

Revitalisasi diawali dengan penataan lansekap sebagian taman mini untuk menyongsong KTT G20, Oktober 2022.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) atau TWC mengusung konsep bertema "Indonesia Opera".

Baca juga: Revitalisasi TMII Berkonsep Indonesia Opera, Dimulai Januari Ini

Sejalan dengan konsep tersebut, Urban+ meramu visi rancangan induk untuk pengembangan taman mini yang bersifat jangka panjang.

Direktur Proyek Urban+ Rahman Wijaya mengatakan, visi rancangan induk ini untuk mengembalikan marwah TMII sebagaimana mestinya.

"Intinya sama seperti konsep taman mini dulu, kalau orang tidak punya waktu untuk melihat Indonesia, ya datang ke sini," kata Rahman kepada Kompas.com, Rabu (19/01/2022).

Ilustrasi konsep revitalisasi TMII JakartaDok. Urban+ Ilustrasi konsep revitalisasi TMII Jakarta
Akan tetapi kali ini konsepnya dengan pendekatan yang baru dan lebih terarah. Jadi, budaya Indonesia bisa dirasakan, bukan sekadar dilihat.

"Jadi bayangannya adalah anjungan-anjungan itu bukan hanya kalau kita datang melihat museum, tapi kita datang bisa melihat keseharian orang-orang dari berbagai provinsi," tutur Rahman.

Menurut dia, visi ini diibaratkan membangun mimpi baru dan wajah TMII dalam jangka waktu 30 tahun mendatang.

Kendati demikian, visi ini juga berguna untuk memberi sorotan pada hal-hal yang bisa cepat dirasakan masyarakat bahwa taman mini mulai berubah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.