Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng ITJ, Jasa Marga Garap TOD TMII Rp 200 Miliar

Kompas.com - 20/11/2020, 15:48 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) bekerja sama dengan PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) membangun proyek Transit Oriented Development (TOD) Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, proyek berbasis TOD di wilayah TMII ini sejalan dengan ekspansi bisnis yang dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selaku induk usaha melalui pengembangan koridor jalan tol atau Toll Corridor Development (TCD).

Pembangunan TOD TMII mencakup hotel, retail, auditorium, dan sentra klinik.

Saat ini, TOD TMII sedang dalam proses perizinan termasuk perizinan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pemanfaatan lahan.

Baca juga: Jasa Marga Bakal Eksekusi Tiga Proyek Besar TCD Kuartal II-2021

Kerja sama yang dijalin dengan PT ITJ selaku konsorsium PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Transportasi Jakarta, melingkupi penyusunan rencana pengembangan dan penataan wilayah kawasan TOD.

Selain dengan PT ITJ, PT JMRB akan menjajaki kerja sama dengan berbagai mitra strategis guna melancarkan proyek TOD tersebut.

"Semoga kerja sama dengan PT ITJ ini dapat menjadi pembuka bagi kerja sama potensial lainnya, guna mewujudkan pengembangan proyek TOD yang sedang kami rencanakan ini," harap Cahyo dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Subakti Syukur mengatakan, TOD TMII dengan nilai investasi sekitar Rp 200 miliar ini termasuk ke dalam proyek pengembangan TCD Jagorawi.

"Saya mengharapkan izin tersebut keluar pada tahun 2020 ini, agar TOD TMII dapat segera dieksekusi pada April atau paling lambat Mei 2021," ujar Subakti.

Selain TOD TMII, PT JMRB pun dipercaya untuk mengembangkan proyek TCD Tol JORR seluas 1,8 hektar yang berada di Koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan dengan investasi Rp 800 miliar.

Di TOD Koridor Simatupang akan dikembangkan Jasa Marga Tower. Saat ini, Jasa Marga Tower sedang dalam tahap perencanaan induk (masterplan), untuk kemudian dibuat rencana detail dan desain gedung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com