Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Harap Jembatan Sei Alalak Mampu Bertahan hingga 100 Tahun

Kompas.com - 21/10/2021, 19:12 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, konstruksi Jembatan Sei Alalak bisa bertahan hingga 100 tahun.

"Diperkirakan mampu bertahan Insya Allah sampai 100 tahun," ucap Jokowi ketika meresmikan Sei Alalak di Kota Banjarmasin, Kamis (21/10/2021).

Jokowi mengungkapkan, peresmian jembatan dilaksanakan karena dia mendengar masyarakat di Kota Banjarmasin sudah tidak sabar menunggu jembatan ini.

Sebab, infrastruktur konektivitas tersebut dinilai memiliki fungsi sangat penting sebagai jalur utama Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Tak hanya itu, kata Jokowi, jembatan ini juga berfungsi dalam mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar telah hancur karena diterjang banjir.

Dengan dana sebesar Rp 278 miliar, jembatan sepanjang 850 meter ini dibangun menggunakan teknologi tinggi dan tahan gempa.

Dia berharap agar keberadaan jembatan ini meningkatkan konektivitas di Kalsel dan memperlancar arus transportasi antar-daerah.

Kemudian, mengefisiensi biaya logistik, mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya, serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru.

Baca juga: Didampingi Basuki, Jokowi Resmikan Jembatan Sei Alalak

Jokowi meminta agar jembatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan-kegiatan produktif masyarakat.

"Sehingga, dampaknya betul-betul dirasakan oleh rakyat kita," ucapnya.

Untuk diketahui, Sei Alalak memiliki kekhususan yaitu memiliki pilon jembatan tunggal dan melengkung ke arah luar.

Jembatan tersebut merupakan tipe cable stayed dengan stuktur melengkung pertama di Indonesia.

Sehingga, dalam aspek konstruksi dan pemeliharaannya memiliki kompleksitas tersendiri.

Sebelumnya, uji coba open traffic (pembukaan lalu lintas) Jembatan Sei Alalak telah dilakukan mulai Minggu (26/9/2021) atas perintah Jokowi.

Uji coba operasional secara terbatas dapat dilakukan karena sudah lolos uji laik fungsi struktur jembatan dari Menteri PUPR No.BM.05.03-Mn/1527 tanggal 15 September 2021 dan sudah diperbaiki 24 September 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com