Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atas Perintah Jokowi, Jembatan Sei Alalak "Open Traffic" Minggu Ini

Kompas.com - 26/09/2021, 15:16 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, mulai open traffic (pembukaan lalu lintas), Minggu (26/9/2021) pukul 13.30 WITA.

Pembukaan jembatan ini merupakan langkah uji coba operasional sekaligus menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kemenetrian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan hal ini dalam siaran pers, Minggu (26/9/2021).

"Sebagai tindaklanjut perintah Presiden Jokowi, Jembatan Sei Alalak akan open traffic untuk uji coba Minggu, 26 September 2021 mulai pukul 13.30 WITA," jelasnya.

Uji coba operasional secara terbatas dapat dilakukan karena sudah lolos uji laik fungsi struktur jembatan dari Menteri PUPR No.BM.05.03-Mn/1527 tanggal 15 September 2021 dan sudah diperbaiki 24 September 2021.

Baca juga: Masuk Tahap Uji Beban, Jembatan Sei Alalak Diresmikan dalam Waktu Dekat

Selama uji coba operasional secara terbatas, terdapat beberapa ketentuan yang harus ditaati di antaranya jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk kendaraan roda dua dan mobil penumpang.

Kemudian, dilarang berhenti dan parkir di atas jembatan, serta harus menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel telah dan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk pengaturan lalu lintas.

Ini dilakukan demi memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat selama masa uji coba operasional jembatan.

Masyarakat Banjarmasin juga diharapkan bantu menjaga dan memelihara salah satu pembangunan infrastruktur terbaru di Pulau Kalimantan ini.

Jembatan Sei Alalak yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Jembatan ini dirancang dengan desain cable-stayed lengkung. Jembatan dengan panjang 850 meter ini akan menjadi ikon baru Kalsel/Kementrian PUPR Jembatan Sei Alalak yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Jembatan ini dirancang dengan desain cable-stayed lengkung. Jembatan dengan panjang 850 meter ini akan menjadi ikon baru Kalsel/
Untuk diketahui, Sei Alalak memiliki kekhususan yaitu memiliki pilon jembatan tunggal dan melengkung ke arah luar.

Jembatan tersebut merupakan tipe cable stayed dengan stuktur melengkung pertama di Indonesia.

Sehingga, dalam aspek konstruksi dan pemeliharaannya memiliki kompleksitas tersendiri.

Baca juga: Kabar Terkini Proyek Jembatan Sei Alalak, “Cable Stayed Bridge” Lengkung Pertama di Indonesia

Untuk pemantauan dan pemeliharaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan menempatkan sensor-sensor pada beberapa bagian jembatan tersebut.

Keberadaan jembatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jalan lintas selatan sehingga mendukung konektivitas kota Banjarmasin baik ke arah Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur.

Sei Alalak dibangun dengan panjang keseluruhan 850 meter yang terbagi menjadi bagian jembatan utama (struktur cable stayed) sepanjang 130 meter, jembatan pendekat (struktur pileslab) sepanjang 295 meter dan oprit jembatan sepanjang 425 meter.

Adapun dana pembangunannya menggunakan alokasi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) kontrak tahun jamak 2018-2021 senilai Rp 272 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com