Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Penjara Berkonsep Green Building, Solusi Manusiawi untuk Para Napi

Kompas.com - 17/09/2021, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjara merupakan tempat hukuman bagi mereka yang melakukan pelanggaran hukum, baik dengan jenis pelanggaran ringan hingga ke pelanggaran berat.

Meskipun merupakan tempat hukuman, penjara seharusnya dirancang lebih manusiawi sehingga manusia yang hidup di dalamnya bisa tinggal dengan layak.

Penjara di Indonesia sendiri masih jauh dari kata layak. Terlebih banyak kejadian kebakaran lembaga permasyarakatan (Lapas).

Pekan lalu, tepatnya pada Rabu (8/9/2021) dini hari kebakaran terjadi di Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang. 4Sejumlah 4 warga binaan harus meregang nyawa.

Seperti dikutip dari Harian Kompas, data dari Institute of Criminal Justice Reform (ICJR) bersama Indonesia Judicial Research Society (IJRS) serta Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP), dalam tiga tahun terakhir terjadi kebakaran di 13 lapas.

Baca juga: 6 Penjara Ini Berkonsep Modern dan Ramah Lingkungan

Dari jumlah itu, 10 kebakaran terjadi di lapas dalam kondisi di ambang melebihi kapasitas. Dari segi penyebab, ada tiga kebakaran yang terjadi karena korsleting listrik.

Peneliti Center for Detention Studies Gatot Goei mengatakan, kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang merupakan momentum bagi Kemenkumham untuk mengaudit standar bangunan lapas di Indonesia secara komprehensif.

Pasalnya, Lapas Tangerang dibangun pada 1977 dan belum pernah direnovasi secara signifikan. Mayoritas bangunan terdiri atas bahan yang mudah terbakar, di antaranya kayu. Instalasi listrik juga diduga lama tak diperbarui sehingga rawan masalah.

Kerawanan yang sama terjadi di mayoritas lapas di Indonesia. Menurut Gatot, hampir 70 persen dari total 528 lapas merupakan bangunan yang didirikan dalam kurun waktu era kolonial Belanda hingga dekade 1980-an.

Baca juga: Alcatraz, Penjara Paling Menyeramkan di Dunia yang Merenggut Banyak Nyawa

Bangunan-bangunan lawas ini harus segera ditangani oleh pemerintah. Entah dengan melakukan renovasi agar tidak ada lagi korban jiwa yang berjatuhan. 

Penerapan Konsep Green Building di Lapas

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan kebakaran lapas. Mulai dari perbaikan infrastruktur bangunan, pembenahan sumber daya manusia hinggga, penerapan teknologi terkini.

Soal infrastuktur bangunan, pemerintah bisa mulai memikirkan untuk menerapkan konsep green building atau bangunan gedung hijau saat membangun lapas baru.

Pada sebuah green building, bangunan harus efisen dalam penggunaan energi termasuk energi listrik.

Karena itulah, banyak bangunan jenis ini telah menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Baca juga: Penjara di Swedia Dirancang Laiknya Gedung Perkantoran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com