Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2024, 14:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Rosemary adalah tanaman herba yang mudah dibudidayakan. Tanaman rosemary bahkan bisa ditanam menggunakan biji. 

Akan tetapi, menanam rosemary dari biji memerlukan kesabaran lebih, sebab tumbuh lebih lama dibandingkan menanam dari stek. 

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Rosemary di Dalam Ruangan

Walaupun demikian, jika dirawat dengan baik, rosemary yang ditanam dari biji tetap bisa tumbuh dengan maksimal. Dilansir dari The Spruce, Rabu (3/4/2024), berikut cara menanam rosemary dari biji dengan mudah. 

Menyemai benih rosemary

ilustrasi tanaman rosemaryShutterstock/New Africa ilustrasi tanaman rosemary

Biji rosemary yang akan ditanam perlu disemai terlebih dahulu di dalam ruangan. Jika tinggal di daerah bercuaca dingin, seperti di daerah pegunungan, Denise Pizzini, pemilik Damsel Garden, menyarankan untuk menyemai biji rosemary di wadah, sehingga mudah dibawa ke dalam ruangan saat suhu udara rendah. 

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Rosemary di Pot

Hal ini perlu dilakukan karena rosemary berasal dari Mediterania, sehingga akan tumbuh dengan baik di wilayah bercuaca hangat. 

Penyemaian biji rosemary dilakukan dalam nampan yang sudah berisi tanah lembap dan subur.

Cara menyemai biji rosemary cukup menaburkan biji di atas tanah, lalu tekan perlahan sampai biji tenggelam di dalam tanah, namun tidak terlalu dalam. 

Lalu, tutup biji dengan sedikit tanah agar pertumbuhannya lebih cepat. Setelah ditanam, lakukan penyiraman dengan rutin. 

Baca juga: Cara Menanam Rosemary dari Biji dengan Media Pot

Selain melakukan penyiraman, persemaian biji juga perlu disungkup dengan plastik benih untuk membantu menjaga tingkat kelembapan. Setelah benih berkecambah lepaskan sungkup plastik tersebut. 

Biji rosemary membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu setelah semai untuk berkecambah dan siap dipindahkan ke kebun atau wadah yang lebih besar. 

Memindahkan bibit rosemary ke luar ruangan

Sebelum dipindahkan ke luar ruangan, Pizzini menyarankan untuk menyesuaikan bibit atau tanaman muda dengan kondisi alam sekitar. 

Tempatkan bibit rosemary di bawah sinar matahari langsung dan pastikan bibi mendapatkan tempat teduh selama delapan jam, seperti saat ditanam di luar ruangan. 

Baca juga: Simak, Begini Cara Menanam Rosemary, Tanaman Herbal yang Harum

Setelah itu, pindahkan bibit rosemary yang sudah beradaptasi di kebun atau pot yang ditempatkan di luar ruangan. Pastikan rosemary ditanam di tanah yang subur dan berdrainase baik. 

Jika ingin tetap menanam rosemary di dalam ruangan, maka pastikan untuk menempatkan pot di dekat jendela karena tanaman akan lebih mudah terkena cahaya dan kelembapan bisa terjaga dengan baik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com