Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Manfaat Rosemary untuk Anjing Peliharaan

Kompas.com - 13/07/2021, 14:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya bisa digunakan untuk penambah rasa di sajian makanan saja, namun ternyata rosemary bermanfaat untuk hewan peliharaan seperti anjing.

Seperti yang dilansir dari Dogs Naturally Magazine, Selasa (13/7/2021), menurut ahli herbal Gregory L Tilford, rosemary, baik dalam banyak bentuk kering, seluruh tanaman segar, atau teh, dapat digunakan dengan sangat aman pada anjing.

"Pada kenyataannya secara umum dianggap aman oleh Food and Drug Administration (FDA/Lembaga Pengawas Obat dan Makanan AS) untuk digunakan pada manusia dan hewan,” kata Tilford.

Baca juga: 5 Manfaat Tanaman Rosemary bagi Kesehatan, Bisa Melawan Kanker

Berikut beberapa manfaat rosemary untuk anjing peliharaan Anda.

1. Antimikroba

Ada alasan mengapa rosemary sangat populer sebagai pengawet makanan anjing. Menurut Herbs for Pets, rosemary merupakan pelawan patogen yang hebat terhadap bakteri makanan umum, yang berarti dapat membantu menjaga makanan agar tidak rusak.

Ilustrasi anjing ras Saint Bernard. PIXABAY/SARKA JONASOVA Ilustrasi anjing ras Saint Bernard.

Selain itu, kemampuan melawan patogen tersebut akan masuk ke tubuh hewan peliharaan Anda, di mana ia dapat membantu melawan berbagai jamur dan bakteri.

Karena kekuatan antimikroba, rosemary dapat digunakan pada kulit antibakteri atau bilasan mata, untuk membantu luka ringan dan luka bakar, serta untuk infeksi di daerah mulut, saluran kemih dan pencernaan.

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Rosemary agar Tumbuh Subur dan Tidak Cepat Mati

2. Antioksidan

Rosemary juga mengandung antioksidan, yang berarti dapat membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh, dan jelas merupakan hal yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com