Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Begini Cara Menanam Rosemary, Tanaman Herbal yang Harum

Kompas.com - 01/09/2021, 20:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah tanaman herbal yang biasa digunakan di dapur, yang memiliki rasa yang khas. Untuk mendapatkannya dengan mudah, sebenarnya Anda dapat menanamnya sendiri di dalam pot.

Melansir dari Gardening Know How, Rabu (1/9/2021), rosemary yang ditanam di dalam pot membutuhkan campuran media tanam berkualitas baik dengan bahan-bahan seperti lumut gambut dengan vermikulit atau perlit.

Pot yang digunakan untuk menanam rosemary juga harus diperhitungkan ukurannya, yakni setidaknya berdiameter 30 cm yang memungkinkan cukup ruang bagi akar untuk tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Simak, Ini Manfaat Rosemary untuk Anjing Peliharaan

Selain itu, pastikan wadah memiliki lubang drainase karena rosemary yang ditanam dalam wadah akan membusuk di tanah yang basah dan berdrainase buruk. Di samping itu, tanam rosemary jangan terlalu dalam, karena dapat membuat tanaman mati lemas.

Ilustrasi tanaman rosemary.PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi tanaman rosemary.
Rosemary adalah tanaman Mediterania yang akan tumbuh subur di lokasi yang cerah di teras atau teras Anda. Namun, rosemary tidak tahan dingin.

Jika Anda tinggal di daerah iklim dingin, bawalah tanaman ke dalam ruangan agar tidak terpapar suhu dingin.

Perawatan rosemary di pot

Merawat rosemary yang ditanam dalam pot cukup mudah. Penyiraman yang tepat adalah kunci untuk menanam herbal ini di dalam pot.

Baca juga: Ragam Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Rosemary

Cara terbaik untuk menentukan apakah tanaman membutuhkan air adalah dengan memasukkan jari Anda ke dalam tanah. Jika bagian atas 1 hingga 2 inci (3-5 cm) tanah terasa kering, saatnya menyiram.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com