Kompas.com - 01/09/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi kucing aegean UNSPLASH/ Harrison FittsIlustrasi kucing aegean

JAKARTA, KOMPAS.com- Ras kucing Aegean merupakan ras kucing alami atau berkembang tanpa perlu campur tangan manusia. Kucing Aegean dikenal sebagai kucing yang ramah, cerdas dan energik.

Selain itu, kucing Aegean dikenal sebagai salah satu kucing ras domestik tertua yang pernah ada. Masih ada banyak fakta menarik lainnya tentang kucing Aegean. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini fakta unik dan menarik dari si kucing Aegean.

Baca juga: 5 Ras Kucing Kaki Pendek yang Lucu dan Menggemaskan

Ras kucing tertua 

Menurut Vetstreet, ras kucing Aegean sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Para arkeolog telah menemukan bukti bahwa kucing Aegean ini pernah hidup di Pulau Siprus, Yunani, sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Kucing Aegean juga memiliki keterikatan dengan ras kucing Turki seperti Anggora. Meski begitu, hingga kini ras kucing Aegean belum terdaftar di beberapa asosiasi kucing dunia seperti The Cat Fanciers Association atau The International Cat Association.

Baca juga: Bagaimana Suara Khas Kucing Betina yang Sedang Berahi?

Tidak takut air

Kucing Aegean cenderung cerdas dan lincah, dengan kemampuan komunikasi yang baik. Mereka umumnya ramah terhadap orang dan bisa menjadi kucing yang sangat baik untuk keluarga juga anak-anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keunikan kucing Aegean dibandingkan kucing lainnya ialah mereka tidak takut air. Kamu bisa mengajak kucing Aegean ini untuk menemanimu memancing di laut atau sungai. Tapi, jika kamu memiliki peliharaan ikan di akuarium atau kolam, sebaiknya jauhkan dari jangkauan kucing ini.

Sebab, ia cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan tak segan menggunakan jarinya untuk mencengkeram ikan peliharaanmu.

Baca juga: Tips Menjaga Bulu Kucing Tetap Putih

Panjang bulunya sedang 

Bulu kucing aegean memiliki panjang sedang. Di habitat aslinya, panjang bulunya ini dapat melindungi si kucing dari cuaca dingin yang buruk. Kucing jenis ini memiliki dua hingga tiga warna pada badannya.

Salah satu warna yang selalu ada ialah putih atau kuning. Namun, bisa juga tumbuh dalam sejumlah kombinasi warna seperti hitam, merah, biru, dan krem. Cakarnya berukuran sedang dan berbentuk bulat. Matanya berwarna hijau dengan bentuk seperti kacang almond.

Baca juga: Tips Menjaga Bulu Kucing Tetap Putih

Suka di lingkungan terbuka

Ilustrasi kucing aegeaUNSPLASH/ Harrison Fitts Ilustrasi kucing aegea

Kucing Aegean suka tinggal di lingkungan terbuka. Letakkan kandangnya di halaman belakang atau pekarangan rumah agar ia bisa aktif memanjat, melompat, atau berbaring di bawah sinar matahari.

Perawatan kucing

Kucing Aegean cenderung memiliki bulu semilonghari. Pada musim panas atau kemarau, sebaiknya pangkas bulunya menjadi lebih pendek agar ia merasa dingin dan lebih sejuk. Perhatikan juga kerontokkan bulunya yang dapat membahayakan kesehatan pemiliknya jika dibiarkan terlalu lama dan tidak dibersihkan.

Baca juga: Kucing Mendengkur, Apakah Normal? Ini Penjelasan Dokter Hewan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.