Kompas.com - 01/09/2021, 16:28 WIB
Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/GRUMPY COW STUDIOSIlustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sansevieria atau yang lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua atau snake plant memiliki daun yang tinggi, ramping, dan agak tegak.

Tanaman ini memiliki daya tahan yang kuat karena hanya membutuhkan sedikit penyiraman dan perawatan. 

Akan tetapi, seperti yang dilansir dari Gardening Know How, Rabu (1/9/2021), jika tanaman lidah mertua Anda memiliki daun yang layu atau terkulai, itu merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Baca juga: Penyebab Tanaman Lidah Mertua Layu dan Membusuk

Berikut beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab tanaman lidah mertua memiliki daun yang terkulai.

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan. PEXELS/CHARLOTTE MAY Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

1. Penyiraman yang tidak tepat

Lidah mertua adalah tanaman sukulen dengan daun tebal yang menahan kelembapan. Sistem penyiraman bawaan ini memungkinkan tanaman untuk bertahan hidup di lingkungan aslinya, di daerah kering dan berbatu di daerah tropis Afrika Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti semua sukulen, tanaman ular rentan terhadap busuk akar dalam kondisi basah, dan daun tanaman ular yang terkulai sering terjadi saat tanaman terlalu banyak air.

Untuk mencegah tanaman lidah ibu mertua terkulai, siram tanaman ular hanya ketika bagian atas tanah 2 atau 3 inci (5-7,5 cm) benar-benar kering, lalu siram dalam-dalam sampai air mengalir melalui lubang drainase.

Baca juga: 3 Pilihan Media Tanam yang Bagus untuk Lidah Mertua

Meskipun kondisinya bervariasi, tanaman di dekat ventilasi panas atau jendela yang cerah akan membutuhkan air lebih sering. Namun, banyak orang menemukan bahwa penyiraman setiap dua atau tiga minggu sudah cukup.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.