Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2021, 17:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dekorasi rumah minimalis menjadi salah satu gaya dekorasi yang sering diterapkan oleh banyak orang. Sebab, gaya rumah ini memberikan kesan simpel dan lebih tertata di dalam ruangan.

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (1/9/2021), gaya dekorasi rumah minimalis adalah latihan menahan diri, di mana ruang, pencahayaan, dan benda memainkan peran yang sama pentingnya.

Gaya ini menuntut Anda untuk mengurangi perabotan hingga hal-hal yang esensial saja sehingga Anda memiliki satu set objek pilihan yang memberikan dampak maksimal. Jauh dari kesan membosankan, gaya ini berani, fungsional, dan sangat berkesan.

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Taman Minimalis

Untuk menerapkan gaya dekorasi rumah minimalis tersebut, berikut tipsnya yang dapat diikuti.

1. Gunakan palet warna yang terkendali

Warna-warna terang seperti putih bersama dengan netral, abu-abu, dan pastel merupakan ciri khas rumah minimalis. Meskipun Anda dapat menambahkan warna yang lebih cerah, disarankan untuk tetap menggunakan satu atau dua palet warna dan membatasi dosisnya.

2. Ruang kosong dan titik fokus

Ruang kosong dianggap sebagai elemen penting dalam dekorasi minimalis karena ruang berinteraksi dengan objek dan menentukan tampilan.

Keseimbangan visual sama pentingnya dan hanya dapat dicapai dengan memiliki titik fokus. Perhatikan bagaimana ruang tamu memiliki banyak ruang kosong dan tidak ada gangguan yang tidak diinginkan.

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Teras Minimalis dan Asri di Rumah

3. Rapikan

Memiliki rumah minimalis berarti Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada kekacauan. Dan untuk melakukan itu, Anda harus merapikan apa yang ada di rak dan meja.

Tetaplah berpegang pada menempatkan hal-hal penting saja dan simpan sisanya di lemari.

4. Gunakan dekorasi aksen

Mendesain rumah minimalis bukan berarti harus menghindari dekorasi dan warna-warna cerah. Aturannya adalah hanya menggunakan elemen dekoratif sebagai aksen dan tidak membebani rumah Anda dengan banyak hal.

Demikian pula, untuk seni, pilih satu bagian fokus daripada sekelompok yang kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com