Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Desain Backsplash Dapur yang Ketinggalan Zaman, Jangan Digunakan

Kompas.com - 18/02/2024, 13:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Backsplash adalah permukaan vertikal (seperti ubin) yang diletakan di tempat basah dan mudah kotor, seperti dapur.

Backsplash berfungsi melindungi dinding dapur, tepatnya di antara bawah lemari dan atas permukaan meja atau wastafel, dari berbagai cipratan saat memasak, seperti air, kotoran, dan minyak. 

Baca juga: 5 Desain Backsplash yang Ketinggalan Zaman, Bikin Dapur Terlihat Kuno

Backsplash mungkin tampak seperti detail kecil yang hilang dalam skema desain dapur, tapi memberikan sentuhan akhir yang tepat dapat memberikan dampak cukup besar pada dapur. 

Desain backsplash yang menarik dapat membuat dapur terlihata modern. Namun, backsplash juga dapat membawa dapur kembali ke masa lalu jika bahan atau pola yang digunakan sudah ketinggalan zaman dan tidak dirancang dengan mempertimbangkan jangka panjang.

Baik memilih pernyataan yang berani maupun fitur fungsional yang bersahaja, ada begitu banyak opsi backsplash yang tidak akan ketinggalan zaman. 

Namun, desainer interior mengatakan ada beberapa gaya yang harus dihindari untuk memastikan dapur tetap bergaya.

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (18/2/2024), berikut desain backsplash dapur yang ketinggalan zaman menurut para desainer. 

Baca juga: Ide Backsplash Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lemari Putih

Desain yang sedang tren 

Ilustrasi backsplash dapurShutterstock/Fio Creative Ilustrasi backsplash dapur
Richard Davonport, Direktur pelaksana di Davonport, mengatakan Anda tidak boleh meremehkan pemilihan finishing dapur yang klasik dan abadi dibandingkan tren desain.

Dia menyarankanmenjauhi tren backsplash yang besar dan berani. Salah satu tren yang sedang mencapai masa kejayaannya adalah pola splashback dan terlalu ramai.

"Meski pernah digunakan sebagai cara menghadirkan warna dan pola pada dapur, tren ubin berubah begitu cepat sehingga mudah dan cepat mmembuat dapur terlihat kuno," ucap Richard. 

Baca juga: 6 Backsplash Dapur yang Dapat Mempercantik Ruangan

Warna dengan kontras yang tinggi 

Selanjutnya, desain backsplash dapur yang ketinggalan zaman menurut para desainer adalah memilih warna dengan kontras yang tinggi. 

Audrey Scheck, desainer interior dan pendiri Audrey Scheck Design, mengatakan ubin grafis dengan warna kontras tinggi juga menawarkan cara mudah menuju dapur kuno. 

Walau backsplash yang dramatis memang menyenangkan, kami melihat jalan keluar dari ubin berpola karena pendekatan yang lebih lembut dan sederhana mulai diterapkan. 

"Tren baru beralih ke ubin buatan tangan, seperti Zellige, yang memasukkan tekstur dan karakter ke dalam ruang," imbuh Audrey. 

Baca juga: 6 Kesalahan Memasang Backsplash Dapur yang Harus Dihindari

Pola sibuk 

Menurut Jennifer Davis, desainer utama di Davis Interiors, backsplash dapat dengan mudah menunjukkan usia dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com