Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desain Backsplash yang Ketinggalan Zaman, Bikin Dapur Terlihat Kuno

Kompas.com - 17/02/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Backsplash merupakan detail kecil yang ada di dapur. Meski demikian, desain backsplash sangat mempengaruhi tampilan dapur secara keseluruhan.

Apabila desain backsplash tidak tepat, maka dapur agar terlihat kurang menarik dan membosankan. Para desainer interior mengatakan ada beberapa desain backsplash yang perlu dihindari karena sudah ketinggalan zaman.

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (17/2/2024), berikut ini beberapa desain backsplash yang ketinggalan zaman yang membuat dapur terlihat kuno.

Baca juga: Ide Backsplash Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lemari Putih

Desain yang hanya berpusat pada tren

Ilustrasi backsplash dapurShutterstock/Fio Creative Ilustrasi backsplash dapur

Richard Davonport, direktur pelaksana di Davonport, menyarankan untuk mengutamakan finishing dapur klasik dan abadi dibandingkan tren desain kekinian. Richard bahkan mengatakan sebaiknya tidak menggunakan tren backsplash yang besar dan berani.

Tren backsplash sebaiknya dihindari karena biasanya tidak tahan lama. Jika selalu mengikuti tren, maka pemilik rumah harus mengganti backsplash dengan rutin. Hal ini tentu akan menghabiskan banyak biaya dan sangat merepotkan.

Backsplash yang warnanya kontras

Desain backsplash yang ketinggalan zaman lainnya yaitu backsplash dari ubin grafis yang warnanya kontras. Backsplash ini akan membuat dapur terlihat kuno.

Audrey Scheck, desainer dan pendiri Audrey Scheck Design menyarankan untuk menggunakan backsplash yang dramatis dan menyenangkan.

Baca juga: 6 Backsplash Dapur yang Dapat Mempercantik Ruangan

Backsplash berpola rumit

Menurut Jennifer Davis desainer utama di Davis Interiors, pola backsplash bisa menunjukan usia dapur. Jennifer mengatakan bahwa backsplash dari ubin kaca dengan warna berani dan pola rumit sangat populer di awal tahun 2000-an.

Namun, saat ini tampilan backsplash tersebut dianggap sudah ketinggalan zaman karena bisa membuat dapur terlihat kuno. Selain pola yang rumit, backsplash berwarna cerah juga akan membuat dapur terlihat ketinggalan zaman.

Sebaliknya, Jennifer lebih menyarankan backsplash berwarna netral untuk memberikan kesan modern dan segar.

Backsplash dari kaca

Ilustrasi backsplash dapur.Shutterstock/Studio Light and Shade Ilustrasi backsplash dapur.

Backsplash dari kaca dinilai sudah ketinggalan zaman. Amber Shay dari Meritage Homes mengatakan di tahun ini banyak menggunakan backsplash bertekstur dan tegas.

Dibanding kaca, Amber lebih menyarankan menggunakan backsplash dari bahan alami seperti marmer karena bisa membuat dapur terlihat segar dan tahan lama.

Baca juga: 7 Jenis Backsplash yang Harus Dihindari di Dapur

Backsplash mosaik kecil

Terakhir, desain backsplash yang ketinggalan zaman yaitu backsplash mosaik kecil. Desain backsplash mosaik membuat dapur terlihat kuno dan ketinggalan zaman.

Selain itu, backsplash mosaik juga tidak menarik. Tidak seperti backsplash dari material alami seperti batu alam yang membuat dapur terlihat estetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com