Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2024, 10:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Den Garden

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan makan berbahan kayu, seperti sendok, menjadi cukup banyak digunakan di dapur. 

Sendok kayu dipilih lantaran dianggap sebagai bahan alami dan dapat menjaga lingkungan hidup. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sendok Kayu agar Terlihat Seperti Baru

Namun, soal mencuci sendok kayu, banyak orang yang memilih memasukkannya ke mesin pencuci piring. Akan tetapi, pada 2024 ini, berhentilah melakukan kebiasaan malas tersebut dan mulai mencuci sendok kayu dengan benar. 

Sebab, mencuci sendok kayu menggunakan mesin pencuci piring dapat merusaknya.  Sebaliknya, harus membersihkan sendok kayu memakai tangan dan membersihkannya secara menyeluruh.

Perlu diketahui, ada banyak kotoran yang bisa tersangkut di serat dan sendok kayu bisa kehilangan warna aslinya serta mulai terkena noda. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Sendok Kayu agar Tahan Lama

Ilustrasi sendok kayu.Shutterstock/mogilami Ilustrasi sendok kayu.
Maka itu, sendok kayu memerlukan pembersihan mendalam. Namun, peralatan kayu memerlukan rutinitas sanitasi yang berbeda dari peralatan logam atau plastik. 

Dilansir dari Den Garden, Sabtu (17/2/2024), seorang pengguna TikTok, Leila Shaheen, membagikan cara membersihkan sendok kayu.

Ia cukup memasukkan sedikit baking soda ke panci berisi air mendidih dan membiarkan peralatan kayunya berada di dalam selama beberapa menit.

Air akar berubah menjadi sangat kuning dan coklat karena noda dari sendok kayu. Setelah itu, cuci sendok kayu seperti biasa menggunakan sabun cuci piring.  

Baca juga: Cara Membersihkan Sendok Kayu agar Awet

Jika tidak memiliki baking soda, bisa memilih campuran setengah air dan setengah cuka. Biarkan sendok kayu terendam dalam campuran ini sekitar 15-20 menit, lalu cuci tangan Anda setelahnya. 

Menurut Allrecipes, taktik semacam ini sebenarnya direkomendasikan oleh para ahli. Namun, Anda harus memastikan melakukannya dengan benar karena jika berlebihan kemungkinan besar akan merusak barang.  

Merebus peralatan atau sendok kayu tak hanya dapat menghilangkan kotorannya, tetapi juga merusak lilin atau minyak pada peralatan itu sendiri.

Sendok kayu mungkin mengering karena metode ini dan tidak terasa sama setelahnya. Singkat cerita, Anda bisa merebus sendok kayu untuk membersihkannya dengan baking soda atau cuka, tapi jangan berlebihan demi menjaga kayunya tetap bagus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Den Garden
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com