Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2023, 11:34 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sendok kayu merupakan salah satu peralatan penting di dapur. Sendok kayu dapat menoleransi suhu tunggi, terbuat dari bahan alami, dan tidak menimbulkan goresan pada panci dan wajan antilengket.

Sendok kayu dapat menyerap minyak dan bau. Karena itu, perlu menjaga sendok kayu tetap dalam kondisi prima dengan melakukan perawatan dan pembersihan secara teratur. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (21/5/2023), berikut cara membersihkan sendok kayu

Baca juga: Cara Membersihkan Sendok Kayu yang Kusam agar Tampak Baru

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Spons non-abrasif
  • Kain mikrofiber
  • Mangkuk
  • Sabun
  • Cuka putih suling
  • Soda kue
  • Hidrogen peroksida (opsional)
  • Minyak mineral yang aman untuk makanan (opsional)

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Sendok Kayu

Cuci sendok kayu dengan sabun

Ilustrasi spatula kayu, sendok kayu untuk memasak. FREEPIK/KAMRANAYDINOV Ilustrasi spatula kayu, sendok kayu untuk memasak.
Sendok kayu memang praktis, tapi juga rentan terhadap keretakan dan noda. Karena itu, penting  mencuci sendok kayu dengan tangan, sabun lembut, air hangat, dan spons yang tidak abrasif setiap kali selesai digunakan.

Bilas dan keringkan

Setelah membersihkan sisa kotoran dari sendok kayu, bilas sabun hingga bersih. Seka sendok kayu hingga kering dengan kain mikrofiber, lalu letakkan di atas drying mat atau alas pengering agar benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi dan Teh pada Sendok

Cara membersihkan sendok kayu setiap bulan

1. Siapkan rendaman air cuka

Campurkan cuka putih suling dan air hangat dengan perbandingan sama ke dalam mangkuk atau Tupperware yang tinggi.

2. Rendam sendok kayu

Setelah menyiapkan campuran, masukkan sendok kayu dan putar beberapa kali. Biarkan sendok-sendok tersebut terendam dalam larutan selama sekitar 20 menit. Anda akan melihat perubahan warna air saat cuka membersihkan noda membandel dan menumpuk.

3. Gunakan soda kue

Jika sendok kayu sangat kotor, tambahkan beberapa sendok soda kue ke dalam campuran air cuka. Anda akan melihat gelembung-gelembung mulai terbentuk saat soda kue berinteraksi dengan cuka. Putar-putar sendok kayu sekali lagi di dalam wadah sebelum didiamkan selama 10 menit.

Baca juga: Tidak Sembarang, Begini Cara Mencuci Peralatan Makan Berbahan Kayu

Soda kue juga merupakan cara bagus menghilangkan bau tak sedap pada peralatan kayu. Buatlah pasta dari soda kue dan air, oleskan pada sendok kayu, lalu cuci bersih dengan sabun lembut dan air hangat.

4. Cuci dengan sabun, bilas, dan keringkan

Setelah merendam sendok kayu, lanjutkan dengan pembersihan harian untuk menyelesaikannya.

Gunakan sabun lembut dan spons non-abrasif untuk menghilangkan sisa cuka. Bilas busa dengan air hangat, seka sendok hingga kering, lalu taruh di atas alas pengering hingga benar-benar kering.

Jika tidak memiliki cuka atau soda kue, gunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan sendok kayu. Ikuti langkah-langkah yang sama, tapi gantilah cuka dengan hidrogen peroksida.

Baca juga: 10 Kegunaan Hidrogen Peroksida untuk Membersihkan Rumah

Tips agar sendok kayu tetap bersih lebih lama

Jangan pernah membiarkan sendok kayu terkena residu dalam jangka lama. Jika selesai menggunakan sendok kayu, tetapi tidak sempat membersihkannya, rendam sendok di dalam air hangat. Jangan biarkan sendok kotor lebih dari 30 menit.

Untuk melindungi sendok kayu dari keausan, gosok dengan sedikit minyak mineral sesekali. Pastikan minyak tersebut aman untuk makanan dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum menggunakan sendok kayu untuk memasak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com