Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2024, 09:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara burung, kepribadian burung menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. 

Burung peliharaan terbaik bagi pemula adalah  yang ramah, lembut, dan cocok dijadikan teman. Hal ini penting bagi orang-orang dengan pengalaman terbatas dalam memelihara burung

Baca juga: 8 Burung yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Tidak Bikin Berisik

Lebih mudah menjalin ikatan dan merawat hewan yang memiliki watak ramah alami dibanding hewan yang cenderung penakut atau agresif. 

Meski semua burung peliharaan harus diperlakukan sebagai individu, risiko gigitan dan agresi dapat diminimalkan dengan memilih spesies yang dikenal memiliki sikap lembut serta ramah.

Dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (4/3/2024), berikut beberapa spesies burung paling ramah dan cocok dipelihara pemula

Budgerigar

Ilustrasi burung budgerigar.Shutterstock/Ultra_Nobuyuki Ilustrasi burung budgerigar.
Menikmati popularitas di seluruh dunia, burung budgeriger atau budgie (juga dikenal sebagai parkit) adalah salah satu burung peliharaan terbaik karena alasan yang baik.

Jika dijinakkan dan dirawat baik, burung budgerigar bisa menjadi sangat ramah dan penuh kasih sayang.

Selain ukurannya kecil dan perawatan cukup mudah, budgie juga mengikuti pelatihan dengan baik serta dapat belajar melakukan banyak trik burung yang menyenangkan, termasuk belajar berbicara. Budgie bagus untuk pemula dalam kepemilikan burung. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Burung Lovebird yang Diberikan Ganjar pada Cak Imin

Kakatua

Selanjutnya, burung paling ramah dan cocok dipelihara pemula adalah kakatua. Burung kakatua yang menawan adalah pilihan bagus lainnya bagi siapa saja yang menginginkan burung peliharaan yang ramah serta penuh kasih sayang.

Berasal dari Australia, burung-burung ini menjadi hewan peliharaan yang sangat baik jika diberi makan dengan tangan saat masih bayi dan dibesarkan di lingkungan yang positif.

Meski biasanya tidak belajar berbicara, burung kakatua sangat cerdas. Banyak yang belajar bersiul dengan baik dan meniru suara-suara rumah tangga biasa, seperti bel pintu, telepon, dan gelombang mikro. Burung kakatua menjadi pilihan bagus untuk pemula. 

Baca juga: Jangan Abai, Ini 5 Tanda Burung Peliharaan Sedang Sakit

Merpati

Ilustrasi burung merpati.UNSPLASH/LENSTRAVELIER Ilustrasi burung merpati.
Anda mungkin tidak langsung menganggap merpati sebagai burung peliharaan yang ramah. Namun, burung merpati peliharaan yang diberi makan dengan tangan dikenal sangat manis dan lembut.

Burung-burung ini jarang menggigit, bahkan orang-orang dengan pengalaman burung yang terbatas umumnya merasa mudah untuk melatih dan menjalin ikatan dengan merpati.

Burung merpati juga menikmati kebersamaan dengan pengasuhnya, tetapi biasanya tidak terlalu menuntut perhatian. 

Baca juga: Mengapa Kucing Mengoceh pada Burung Saat Melihatnya di Jendela?

Parrotlet

Gagah dan relatif mudah dirawat, burung parrotlet dikenal memiliki kepribadian yang jauh lebih besar daripada tubuhnya yang mungil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com