Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Burung Paling Ramah dan Cocok untuk Pemula

Burung peliharaan terbaik bagi pemula adalah  yang ramah, lembut, dan cocok dijadikan teman. Hal ini penting bagi orang-orang dengan pengalaman terbatas dalam memelihara burung. 

Lebih mudah menjalin ikatan dan merawat hewan yang memiliki watak ramah alami dibanding hewan yang cenderung penakut atau agresif. 

Meski semua burung peliharaan harus diperlakukan sebagai individu, risiko gigitan dan agresi dapat diminimalkan dengan memilih spesies yang dikenal memiliki sikap lembut serta ramah.

Dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (4/3/2024), berikut beberapa spesies burung paling ramah dan cocok dipelihara pemula. 

Jika dijinakkan dan dirawat baik, burung budgerigar bisa menjadi sangat ramah dan penuh kasih sayang.

Selain ukurannya kecil dan perawatan cukup mudah, budgie juga mengikuti pelatihan dengan baik serta dapat belajar melakukan banyak trik burung yang menyenangkan, termasuk belajar berbicara. Budgie bagus untuk pemula dalam kepemilikan burung. 

Kakatua

Selanjutnya, burung paling ramah dan cocok dipelihara pemula adalah kakatua. Burung kakatua yang menawan adalah pilihan bagus lainnya bagi siapa saja yang menginginkan burung peliharaan yang ramah serta penuh kasih sayang.

Berasal dari Australia, burung-burung ini menjadi hewan peliharaan yang sangat baik jika diberi makan dengan tangan saat masih bayi dan dibesarkan di lingkungan yang positif.

Meski biasanya tidak belajar berbicara, burung kakatua sangat cerdas. Banyak yang belajar bersiul dengan baik dan meniru suara-suara rumah tangga biasa, seperti bel pintu, telepon, dan gelombang mikro. Burung kakatua menjadi pilihan bagus untuk pemula. 

Burung-burung ini jarang menggigit, bahkan orang-orang dengan pengalaman burung yang terbatas umumnya merasa mudah untuk melatih dan menjalin ikatan dengan merpati.

Burung merpati juga menikmati kebersamaan dengan pengasuhnya, tetapi biasanya tidak terlalu menuntut perhatian. 

Parrotlet

Gagah dan relatif mudah dirawat, burung parrotlet dikenal memiliki kepribadian yang jauh lebih besar daripada tubuhnya yang mungil.

Namun, memelihara burung parrotlet harus memiliki banyak waktu untuk bermain dan bersosialisasi dengan hewan peliharaannya karena burung ini bisa menjadi sedikit liar jika tidak ditangani secara teratur.

Orang yang berinteraksi dengan burung parrotlet peliharaaanya setiap hari biasanya mampu menjalin ikatan kuat dengan burung kecil yang lucu ini. 

Parrotlet menjadi burung paling ramah dan cocok dipelihara pemula. 

Kenari adalah burung kecil yang ceria, cerdas, mudah dilatih untuk duduk di tangan pemiliknya, serta mudah dirawat, menjadikannya burung pemula yang baik.

Namun, burung kenari tidak menyukai penanganan yang berat meski menikmati belaian dan perhatian yang lembut. 

Burung beo eklektus

Terakhir, burung paling ramah dan cocok dipelihara pemula adalah beo eklektus. Berasal dari hutan hujan di Kepulauan Solomon, burung beo eklektus adalah spesies dengan dimorfisme mencolok. 

Artinya, jantan dan betina terlihat sangat berbeda. Jantan berwarna hijau cerah, sedangkan betina berwarna merah.

Burung beo besar ini sangat ramah dan cerdas, tetapi paling baik dilakukan di rumah tanpa terlalu banyak kesibukan karena burung beo eklektus mudah stres oleh kebisingan dan keributan.

Namun, burung ini berkembang dengan banyak sosialisasi dan rutinitas sehari-hari yang dapat diprediksi. Burung beo eklektus  mudah belajar berbicara, tetapi umumnya tidak berisik, seperti beberapa spesies burung beo lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/04/093500676/6-burung-paling-ramah-dan-cocok-untuk-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke