Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perlengkapan Rumah yang Harus Berwarna Netral Menurut Ahli

Kompas.com - 03/02/2024, 14:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua warna cocok digunakan di setiap ruangan. Desainer interior bahkan mengatakan ada beberapa perlengkapan rumah yang sebaiknya dibiarkan berwarna netral.

Warna netral tak hanya membuat ruangan lebih cantik, namun juga membuat perlengkapan rumah bisa dipadukan dengan warna lain yang lebih berani.

Para desainer mempertimbangkan tujuh perlengkapan rumah yang harus berwarna netral. Dikutip dari The Spruce, Sabtu (3/2/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 7 Perlengkapan Rumah yang Tidak Boleh Dibeli Bekas Menurut Ahli

Furnitur berukuran besar

Ilustrasi ruang keluarga dengan sofa berwarna netral.Shutterstock/Gaurav Kumar Editor Ilustrasi ruang keluarga dengan sofa berwarna netral.

Saat membeli furnitur besar, termasuk sofa, sectional, dan lemari, sebaiknya pilih furnitur yang warnanya netral.

Amy Switzer, pendiri Amy Switzer Design mengatakan bahwa warna netral atau warna halus lebih baik digunakan pada furnitur berukuran besar karena menawarkan keserbagunaan dan lebih mudah dipadukan dengan ornamen dekorasi yang lebih cerah.

Selain itu, perabotan berukuran besar dengan warna berani bisa mendominasi ruangan dan membuat ruangan kurang estetik. Ashley De Boer, pendiri Ashley De Boer Interiors juga mengungkapkan hal serupa.

Ashley mengatakan bahwa warna netral bisa bertahan lebih lama dan cocok untuk berbagai tren, sehingga tidak perlu mengganti furnitur terus menerus.

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan Kecil

Lantai

Meskipun karpet warna-warni terlihat lebih menarik, namun sebaiknya lantai tidak berwarna mencolok.

Lebih baik, pilih lantai berwarna netral atau alami yang membuat ruangan terlihat semakin cantik. Lantai ubin atau kayu keras bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bak mandi dan kloset

Perlengkapan rumah yang harus berwarna netral lainnya yaitu bak mandi dan kloset. Meski demikian, Melissa Griffin, pendiri Indigo Ink Designs, memperbolehkan kombinasi wastafel dan meja netral dengan keran air berwarna cerah.

Menurutnya, perpaduan tersebut tetap terlihat menarik dan tidak berlebihan. Tak hanya itu, jika bosan dengan warna keran air, proses mengganti keran dengan warna lain cukup mudah dan tidak menghabiskan banyak biaya.

Baca juga: 6 Tanda Saatnya Merombak Kamar Mandi

Handuk mandi

Ilustrasi handuk.Shutterstock/New Africa Ilustrasi handuk.

Handuk mandi juga sebaiknya tetap berwarna netral untuk memberikan tampilan klasik di kamar mandi. Selain itu, menggunakan handuk netral seperti warna putih bisa memberikan kesan sederhana dan nyaman seperti di spa.

Walaupun demikian, Jennifer McKissick, pendiri Jennifer McKissick Interior Design, memperbolehkan penggunaan handuk berwarna cerah saat berlibur ke pantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com