Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Membersihkan Kamar Mandi, Apa Saja?

Kompas.com - 28/01/2024, 18:41 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi merupakan aktivitas yang perlu dilakukan dengan rutin. Sebab, kamar mandi bersih bisa memberikan kenyamanan sekaligus mencegah berbagai penyakit.

Cara membersihkan kamar mandi sebenarnya mudah, namun masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan saat membersihkan kamar mandi.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (28/1/2024), berikut ini beberapa kesalahan saat membersihkan kamar mandi yang harus dihindari.

Baca juga: 7 Kesalahan Membersihkan Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Membersihkan kamar mandi menggunakan sabun batang

Ilustrasi sabun batangFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi sabun batang

Salah satu kesalahan membersihkan kamar mandi yang harus dihindari yaitu membersihkan kamar mandi menggunakan sabun batang. Sebab, sabun batang mengandung minyak.

Jika bercampur dengan air, sabun akan membentuk buih yang sangat membandel. Dibandingkan menggunakan sabun batang, sebaiknya gunakan sabun cuci piring agar tidak meninggalkan residu yang sulit dibilas.

Tidak mengeringkan pintu kaca dan dinding ubin

Kesalahan saat membersihkan kamar mandi lainnya yaitu tidak mengeringkan pintu kaca dan dinding ubin yang membuat area tersebut memiliki noda air.

Noda air membuat kamar mandi terlihat kotor dan kusam. Selain itu, dinding yang tidak dikeringkan juga bisa memicu pertumbuhan jamur yang mengganggu tampilan kamar mandi dan berbahaya untuk kesehatan.

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Kamar Mandi Menggunakan Cuka

Tidak membuang air yang menggenang di lantai

Idealnya, lantai kamar mandi dibuat miring agar air tidak langsung masuk ke saluran pembuangan, sehingga tidak menyebabkan genangan. Namun, pada kenyataannya terkadang ada lantai yang dibuat dengan kemiringan tidak tepat, sehingga menyebabkan genangan.

Jika ada genangan di lantai kamar mandi, maka sebaiknya air genangan tersebut dihilangkan agar lantai tidak licin.

Tidak membersihkan kamar mandi dengan rutin

Kamar mandi sebaiknya dibersihkan dengan rutin minimal satu minggu sekali. Tidak membersihkan kamar dengan rutin akan menyebabkan kotoran di kamar mandi menumpuk dan sulit dibersihkan.

Selain itu, jamur dan lumut juga akan menumpuk yang membuat kamar mandi lebih licin dan berbahaya.

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Kamar Mandi, Mudah dan Cepat

Ilustrasi membersihkan lantai kamar mandi.SHUTTERSTOCK/BELL LUNLA Ilustrasi membersihkan lantai kamar mandi.

Tidak merawat kaca kamar mandi

Dinding dan pintu kamar mandi yang terbuat dari kaca akan membuat kamar mandi terlihat menarik. Namun, tidak merawat kaca membuat kamar mandi terlihat kotor dan kumuh.

Untuk menjaga kebersihan kaca di kamar mandi, sebaiknya gunakan bahan pembersih khusus. Semprotkan ke kaca, kemudian lap kaca sampai kembali kinclong.

Nah, itulah beberapa kesalahan saat membersihkan kamar mandi. Hindari kebiasaan tersebut agar kamar mandi bisa bersih maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com