Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2024, 16:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur merupakan perlengkapan rumah yang penting untuk dimiliki. Pemilihan furnitur harus dilakukan dengan tepat, terutama di rumah kecil.

Di rumah atau ruangan kecil, sebaiknya pilih furnitur yang fungsional dan tidak mengganggu mobilitas di ruangan tersebut.

Dikutip dari House and Garden, Rabu (17/1/2024), berikut ini beberapa furnitur yang sebaiknya ada di rumah kecil.

Baca juga: 5 Tren Furnitur yang Akan Populer pada 2024

Sofa

Ilustrasi sofa. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi sofa.

Sofa dengan sandaran tegak merupakan salah satu furnitur yang perlu ada di rumah sempit. Sofa bisa ditempatkan di ruang tamu.

Jika di rumah tidak memiliki ruang makan, maka sebaiknya tambahkan meja ramping di depan sofa agar area tersebut bisa digunakan untuk makan.

Untuk menghadirkan kenyamanan, letakkan bantal sofa dengan warna mencolok dan karpet di bawah sofa.

Baca juga: 7 Tren Warna Sofa 2024 yang Cantik dan Kekinian

Bangku berlapis kain

Bangku berlapis kain merupakan tempat duduk fleksibel yang sebaiknya ada di rumah kecil. Bangku ini bisa diletakkan di ruang tamu maupun ruangan lain.

Sama seperti ottoman, bangku berlapis kain juga bisa difungsikan sebagai meja, Maka dari itu, furnitur ini tergolong sebagai perlengkapan yang multifungsi.

Ottoman penyimpanan

Furnitur yang sebaiknya ada di rumah kecil lainnya yaitu ottoman penyimpanan. Ottoman bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Ottoman bisa disimpan di ruang tamu maupun kamar tidur. Ottoman bisa digunakan untuk menyimpan mainan anak, bantal cadangan, buku, selimut, bahkan koper.

Baca juga: 6 Ide Penggunaan Kursi Ottoman untuk Mempercantik Dekorasi Rumah

Rak buku

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/PICKAWOOD Ilustrasi rak buku di rumah.

Untuk tujuan penyimpanan, rak buku sangat dibutuhkan di rumah kecil. Tak hanya untuk menyimpan buku, rak ini juga bisa digunakan untuk menyimpan hiasan, arsip atau dokumen penting, lilin, maupun perlengkapan lainnya.

Beberapa rak buku terkadang dilengkapi dengan meja kecil, sehingga bisa digunakan untuk bekerja atau belajar.

Lampu dinding

Terakhir, furnitur yang sebaiknya ada di rumah kecil yaitu lampu dinding. Lampu dinding bisa diletakkan di ruang keja, kamar tidur, maupun ruang tamu.

Jenis lampu ini bisa menghemat ruang, sehingga cocok untuk ruangan yang kecil. Tak hanya itu, lampu dinding juga bisa membuat ruangan terlihat lebih menawan dan mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com