Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2024, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur modern adalah furnitur yang merujuk pada desain modern abad pertengahan dari abad ke-20.

Furnitur modern memiliki ciri bergaya masa kini dan kontemporer yang mengacu pada segala hal yang berusia kurang dari 20 tahun.

Meski memiliki konsep modern, furnitur ini tetap cocok dipadukan dengan furnitur antik yang usianya lebih dari 100 tahun. Perpaduan dua gaya furnitur ini akan menghasilkan tampilan interior rumah yang menarik dan unik.

Baca juga: 7 Tren Furnitur 2024 Menurut Para Desainer

Namun, untuk memadukan dua gaya furnitur tersebut, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Dikutip dari The Spruce, Sabtu (6/1/204), berikut tips memadukan furnitur modern dan antik dengan seimbang.

Padukan dengan seimbang

ilustrasi furnitur vintageShutterstock/lilasgh ilustrasi furnitur vintage

Erin Williamson, desainer interior dari Erin Williamson Design mengatakan bahwa barang antik dan barang modern bisa dipadukan dengan mudah. Perpaduan gaya lama dan baru bisa membuat rumah terasa segar.

Williamson menekankan pentingnya mempertimbangkan skala saat menempatkan furnitur. Contohnya, jika furnitur terbuat dari kayu gelap dan berat, maka sebaiknya tidak diletakkan di dekat dinding.

Sebaliknya, apabila furnitur dari kayu ringan dan berkaki panjang, sebaiknya ditempatkan di dekat dinding.

Baca juga: 5 Furnitur yang Dapat Membuat Rumah Tampak Mewah dan Bergaya

Bermain dengan garis

Furnitur antik seringkali menampilkan detail yang halus, rumit, serta ornamen dekoratif yang tidak ditemukan di furnitur modern. Lisa Gilmore dari Lisa Gilmore Design memberikan tips memadukan furnitur modern dan antik dengan bermain garis.

Lisa menyarankan untuk memadukan furnitur bergaris ramping dan melengkung. Lisa juga tetap menggunakan lapisan logam untuk menjaga furnitur agar terlihat tetap kuno.

Lapisi dengan cat baru

Barang antik memiliki tampilan yang estetik, namun tak menutup kemungkinan barang antik terlihat usang dan rusak karena umurnya sudah tua.

Maka dari itu, salah satu cara membuat barang antik terlihat lebih modern yaitu dengan melapisi dengan cat baru.

Baca juga: Cara Mengecat Furnitur Kayu tanpa Mengamplas Permukaan

Williamson mengatakan cat baru bisa memberikan kesan modern pada barang antik, tanpa mengurangi kesan vintage dari peralatan tersebut.

Williamson juga menyebutkan bahwa bahan-bahan baru bisa meningkatkan keindahan dan kenyamanan pada furnitur tersebut.

Padukan berbagai warna

Ilustrasi furnitur besi antik.Shutterstock/IMG Stock Studio Ilustrasi furnitur besi antik.

Pemilihan palet warna yang sama akan membuat furnitur modern dan antik terlihat serasi. Cara menghadirkan warna yang sama bisa dengan mengecat barang antik dengan warna-warna netral seperti krem dan putih.

Warna-warna tersebut akan membuat furnitur antik cocok dipadukan dengan furnitur modern tanpa melupakan detail dan bentuk dari furnitur tersebut.

Baca juga: 5 Warna Furnitur Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Tambahkan kain pelapis

Terakhir, tips memadukan furnitur modern dan antik juga bisa dengan menambahkan kain pelapis. Kain tersebut bisa menghadirkan rasa nyaman seperti furnitur modern.

Cara perpaduan ini cocok untuk ruangan netral yang memerlukan titik fokus atau kesan drama. Lapisan kain bisa dipasangkan dengan kursi berlengan antik atau rangka tempat tidur antik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com