Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memilih dan Menata Furnitur agar Ruang Tamu Tampak Lebih Besar

Kompas.com - 15/09/2023, 12:00 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi tempat menerima tamu, ruang tamu juga kerap digunaka untuk bersantai bersama keluarga sehingga perlu membuatnya senyaman mungkin.

Di ruang tamu dengan luas terbatas, ada beberapa cara membuatnya terlihat lebih besar serta nyaman, salah satunya memilih dan menata furnitur yang tepat.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Cara Menata Furnitur di Rumah Kecil

Bentuk, gaya, serta material furnitur akan mempengaruhi bagaimana cahaya mengalir di sekitar ruangan serta pandangan mata bergerak di sekitar ruangan.

Dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (15/9/2023), berikut sejumlah cara memilih dan menata furnitur untuk membuat ruang tamu tampak lebih besar.

Jangan takut menggunakan furnitur lebih besar

Ilustrasi ruang tamu kecil dengan cat dinding warna abu-abu lembut.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu kecil dengan cat dinding warna abu-abu lembut.
Kathy Kuo, desainer dan pendiri Kathy Kuo Home, mengatakan menggunakan furnitur lebih besar di ruang tamu kecil

Hal ini mungkin terlihat berlawanan dengan intuisi, tapi menggunakan sofa lebih besar atau sectional di ruang tamu sebenarnya cara bagus membuat ruangan terasa lebih besar.  

Mengisi ruang tamu kecil dengan benda-benda kecil dapat membuat ruangan terasa berantakan. Pililh furnitur lebih sedikit, tapi jangan mengecilkan skalanya untuk ruangan.

Sofa besar dengan sandaran rendah, meja kopi proporsional, serta karpet besar akan membuat ruang tamu kecil menjadi lebih luas serta memberikan titik fokus.

Baca juga: 3 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Jaga tata letak tetap terbuka

Ada anggapan mendorong semua furnitur ke dinding akan membuat ruang tamu lebih besar. Padahal, sebenarnya, menarik barang-barang yang lebih besar, seperti sofa dan kursi berlengan, menjauh dari dinding dapat membuka ruang.

Furnitur apung menciptakan tata letak lebih menarik dan ramah. Tata letak terbuka memungkinkan Anda bergerak di sekeliling ruangan dengan nyaman.

Letakkan karpet di bawahnya untuk menciptakan dimensi baru pada ruangan guna membantu membuat ruang tamu kecil terasa lebih besar.

Baca juga: Hindari Kesalahan Tata Letak Kamar Tidur Ini Menurut Feng Shui

Pilih furnitur ringan secara visual

Ilustrasi ruang tamu sempit, ruangan sempit.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi ruang tamu sempit, ruangan sempit.
Desainer Benji Lewis menyarankan memilih furnitur dengan kaki karena dapat terlihat lebih ringan dan lapang.

Kati Curtis, pendiri Kati Curtis Design, menambahkan, sebaiknya memilih furnitur dengan kaki jenjang yang memberikan pandangan jelas ke lantai sehingga menambah persepsi lapang.

Pilih material yang memantulkan cahaya

Menggunakan cermin dan material yang memantulkan cahaya dapat membantu menghadirkan lebih banyak cahaya dan sebagai hasilnya lebih banyak ruang. 

"Memasukkan cermin dapat lebih memperbesar ruang, memantulkan cahaya dan pemandangan untuk mengelabui mata agar dapat melihat lebih dalam," ucap Curtis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com