Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofa Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 15/09/2023, 07:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli furnitur terbaik, seperti sofa, bisa menjadi invesitasi bagus. Sofa ini tak hanya memiliki tampilan bagus, tapi kualitas yang baik sehingga bisa bertahan lama serta menghemat pengeluaran.  

Namun, mengetahui skala dan proporsi tepat sofa untuk ruang keluarga dapat melakukan lebih dari sekadar terlihat bagus, tetapi juga meningkatkan nilai jual rumah.  

Baca juga: Catat, Ini 9 Warna Bantal yang Cocok untuk Sofa Abu-abu

Jika ingin menjual rumah, Anda tahu betapa pentingnya memastikan menunjukkan sudut terbaik rumah kepada calon pembeli serta cara mengisi ruang keluarga. 

Hal yang tak kalah penting adalah penempatan dan ukuran sofa, bahkan ini bisa menjadi salah satu hal yang menunda rumah laku terjual. 

Itulah mengapa penting mengetahui cara memanfaatkan sofa sebaik-baiknya untuk meningkatkan nilai jual rumah.  

Lantas, bagaimana ? 

Ukuran sofa dapat meningkatkan daya tarik pembeli 

Ilustrasi sofa warna krem atau beige di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi sofa warna krem atau beige di ruang tamu.
Saat memilih furnitur untuk menata ruang keluarga, lebih sering daripada tidak, hal itu dilakukan di tempat di luar rumah, seperti toko ritel atau ruang pamer terbuka dengan banyak ruang serta pencahayaan.

Elaine Penhaul, Direktur Lemon & Lime Interiors—perusahaan penataan intetior—mengatakan sofa dapat menghambat penilaian pemilik rumah terhadap bentuk dan ukuran furnitur serta dapat berdampak pada penjualan rumah pada masa depan. 

Baca juga: 4 Warna Sofa yang Bikin Ruang Tamu Sempit Tampak Luas

Mendapatkan furnitur dengan proporsi tepat dapat menjadi hal krusial untuk meningkatkan daya tarik pembeli.

Luas ruangan yang dibayangkan sangat penting, apakah itu tinggi plafon, ukuran jendela, luas lantai, atau luas dinding. Hal ini akan memberikan gambaran kepada pembeli tentang bagaimana mereka dapat tinggal di dalam ruangan.

Meski cermin yang ditempatkan dengan hati-hati dan pencahayaan tambahan dapat membantu membuka ruang yang lebih kecil, meja kopi atau bangku kaki dengan ukuran tepat harus cukup panjang untuk menyeimbangkan panjang sofa.

"Pembeli ingin melihat diri mereka sendiri di dalam ruangan. Jadi, tambahan yang nyaman, seperti bantal mewah dan karpet besar, dapat membantu menciptakan 'perasaan' di dalam ruangan," jelas Elaine dikutip dari Ideal Homes, Jumat (15/9/2023). 

Baca juga: Posisi Terbaik Meletakkan Sofa di Ruangan agar Tahan Lama

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Michelle White, Direktur Merek, Pemasaran, dan Kreatif di merek sofa Arlo & Jacob, mengatakan, sofa dengan sandaran rendah sangat cocok dipasangkan dengan plafon rendah karena memberikan ilusi ketinggian.

Namun, di ruangan dengan plafon tinggi, konsumen harus mencari barang yang lebih panjang dan memiliki sandaran tinggi agar terlihat lebih menonjol serta memenuhi ruangan.

"Pembeli juga harus sadar bahwa di ruang lebih sempit, sofa menjadi titik fokus," ujarnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com