Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2024, 21:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat rumah adalah salah satu cara termudah menyegarkan tampilan interior tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk renovasi besar-besaran.

Selain memilih warna cat, memutuskan bagaimana ingin mengecat dinding dan plafon adalah keputusan berikutnya yang harus dibuat.

Nah, sebelum melakukannya, penting mengetahui tentang teknik mengecat yang akan populer pada 2024 seperti dikutip dari Martha Stewart, Senin (15/1/2024).  

Baca juga: 6 Tren Warna Cat Eksterior yang Bakal Banyak Digunakan pada 2024

Ruangan monokrom

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna hitam putih.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan warna hitam putih.
Dikenal juga sebagai color drenching, jangan takut menggunakan satu warna pada 2024. 

Cara Newhart, duta besar dan desainer interior Behr, mengatakan menyukai ruang monokrom dengan warna yang dalam, seperti Dark Everglade atau Midnight Blue dari Behr, untuk mengecat dinding, langit-langit, dan lis dengan warna yang sama

Hal ini dapat membuat hal-hal, seperti warna kayu dan pencahayaan, menonjol di ruangan tersebut. 

Baca juga: 6 Tren Warna Cat Eksterior yang Bakal Banyak Digunakan pada 2024

Plafon yang mengkilap penuh

Selanjutnya, teknik cat yang akan populer pada 2024 adalah plafon yang mengkilap penuh. Joa Studholme, kurator warna untuk Farrow & Ball, setuju bahwa plafon harus dicat dengan warna lain selain putih dan harus dicat dengan warna yang sama dengan dinding.

"Meski plafon sering kali dicat dengan cat warna-warni, tidak ada aturan yang mengatakan bahwa plafon harus berwarna putih," katanya.

Mode mengecat plafon dengan warna sama dengan dinding akan hits pada 2024 dengan kesadaran bahwa kita tidak ingin ukuran dan bentuk ruangan ditentukan plafon. 

Selain pilihan warna untuk plafon, pertimbangkan juga menggunakan lapisan full gloss untuk tampilan dramatis.

"Jangan lupa plafon yang mengkilap penuh memiliki efek luar biasa pada sebuah ruangan, menciptakan kemewahan dan memantulkan cahaya alami untuk memantulkannya ke sekeliling ruangan," ucap Studholme. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Bakal Ditinggalkan pada 2024

Lantai berpola

Ilustrasi lantai karet atau rubber.Shutterstock/EllaSt Ilustrasi lantai karet atau rubber.
Lantai berpola juga menjadi teknik cat yang akan populer pada 2024. Mengcat lantai dapat memberikan tampilan unik pada ruangan. 

"Salah satu teknik favorit saya adalah meninggikan lantai lama dengan pola unik seperti kotak-kotak netral," ucap Newhart.

Jika memiliki lantai kayu yang telah mengalami kerusakan, pertimbangkan mengecatnya dengan pola unik seperti dilakukan Newhart di atas di ruang berjemur bersejarah tahun 1840-an.

Selanjutnya, menempelkan lantai dengan pola kami dan mengecatnya dengan Behr's Even Better Beige. 

Baca juga: 7 Warna Cat Netral untuk Kamar Mandi, Bikin Suasana Lebih Tenang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com