Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kesalahan Memilih Gorden yang Harus Dihindari

Kompas.com - 15/01/2024, 19:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden merupakan ornamen dekorasi yang fungsinya sangat penting. Tak hanya membuat jendela terlihat lebih menarik, gorden juga bisa menjaga privasi penghuni rumah.

Selain itu, gorden juga bisa membantu mengontrol cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Maka dari itu, pemilihan gorden harus dilakukan dengan cermat agar berfungsi dengan baik.

Baca juga: 3 Kesalahan Memilih Gorden yang Sering Dilakukan Orang

Sayangnya, terkadang ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memilih gorden. Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (15/1/2024), berikut ini kesalahan memilih gorden yang sering dilakukan.

Tidak mempertimbangkan privasi

Ilustrasi gorden warna beige di ruang tamu sempit. SHUTTERSTOCK/ALL ABOUT SPACE Ilustrasi gorden warna beige di ruang tamu sempit.

Gorden merupakan ornamen dekorasi yang ternyata bisa digunakan untuk menjaga privasi. Sayangnya, masih banyak yang salah saat memilih material gorden.

Banyak yang hanya mempertimbangkan estetika gorden, tanpa memikirkan kemampuannya dalam menjaga privasi.

Camila Clarke, direktur kreatif di Albion Nord menyarankan untuk memilih gorden linen tebal karena bisa menjaga privasi dan memberikan kesan mewar di ruangan.

Baca juga: Gorden Tipis Bisa Memengaruhi Kualitas Tidur, Kenapa?

Tidak mengukur jendela dengan benar

Paige Anderson dari Nitido Design mengatakan bahwa gorden harus proporsional dengan ukuran jendela. Jika terlalu kecil, maka akan terlihat kurang menarik. Sedangkan gorden yang terlalu besar akan membuat ruangan terlihat penuh.

Maka dari itu, sebelum membeli gorden, pastikan untuk mengukur jendela terlebih dahulu dengan benar. Perancang arsitektur Zaeem Chaudhary dari AC Design menyarankan untuk mengukur lebar jendela dan mengalikan dua untuk mendapatkan lebar gorden yang ideal.

Selain itu, ukuran gorden bagian bawah dan atas perlu dilebihkan beberapa cm agar mendapatkan ukuran yang tepat.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Gorden Rumah Minimalis

Membeli tiang gorden yang tidak berkualitas

Kesalahan memilih gorden lainnya yaitu menggunakan tiang gorden yang tidak berkualitas. Kesalahan ini bisa membuat gorden tidak terpasang dengan baik karena tiang atau batang gorden tidak bisa menopang berat gorden.

Zaeem menyarankan untuk membeli tiang gorden berkualitas, meskipun harganya mahal. Pastikan juga batang gorden yang digunakan kokoh, tanpa melupakan nilai estetika dari perangkat keras ini.

Tidak menyetrika gorden sebelum dipasang

Ilustrasi gorden warna coklat muda. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi gorden warna coklat muda.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat memasang gorden yaitu tidak menyetrika gorden sebelum dipasang. Kesalahan ini bisa membuat gorden kusut dan kurang menarik.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Gorden Ruang Tamu

Sebaliknya, gorden yang rapi dan halus akan membuat tampilan ruangan terlihat lebih cantik dan menarik.

Itulah beberapa kesalahan memilih gorden yang harus dihindari. Selain menghindari kesalahan di atas, sebaiknya pertimbangkan juga motif dan warna saat memilih atau membeli gorden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com