Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Boho yang Unik dan Menarik

Kompas.com - 15/01/2024, 17:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Boho atau Bohemian adalah gaya interior rumah yang menggunakan furnitur dan dekorasi berwarna. Gaya Boho bisa diterapkan di berbagai ruangan, termasuk dapur.

Dapur bergaya Boho banyak diminati karena bisa menunjukkan karakter serta kepribadian pemiliknya. Bahkan, para pemilik dapur Boho bisa mengkreasikan dapur sesuai dengan keinginan.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Farmhouse, Cantik dan Menarik

Ana Maria Torres, desainer interior dan pendiri At Architects menyarankan untuk memadukan bahan dan bentuk, furnitur vintage dan modern, serta menggunakan berbagai motif di dapur bergaya Boho.

Disadur dari Homes and Gardens, Senin (15/1/2024), berikut ini ide dekorasi dapur bergaya Boho yang unik dan menarik.

Gunakan lampu bergaya vintage

Ilustrasi lampu dapurShutterstock/BM_27 Ilustrasi lampu dapur

Salah satu cara membuat dapur bergaya Boho yaitu menambahkan cahaya vintage. Lampu bergaya vintage tak hanya berguna sebagai penerangan, namun juga membuat dapur lebih estetik.

Lebih baik menggunakan lampu bergaya vintage dibandingkan dengan lampu vintage sesungguhnya karena lampu vintage atau kuno cukup berisiko, terutama perihal kelistrikan yang mengancam keselamatan.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Dapur dengan Warna Sage Green, Cantik dan Sederhana

Pilih warna cerah dan hangat

Ide dekorasi dapur bergaya Boho lainnya yaitu memiliki warna cerah dan hangat, seperti cokelat, hijau, dan marigold.

Ruth Mottershead, direktur kreatif di Little Greene mengatakan warna marigold yang cerah cocok dipadukan dengan finishing kayu alami dan aksesori yang membuat ruangan terlihat semakin menarik.

Dekorasi netral

Meski ciri khas gaya Boho menggunakan warna yang menarik, bukan berarti warna dan dekorasi bernuansa netral tidak bisa digunakan. Warna netral tetap bisa dihadirkan dalam dapur bergaya Boho.

Pada dapur berwarna netral, gunakan aksen, tekstur, dan motif yang menarik agar kesan Boho tidak hilang. Misalnya, menggunakan kap lampu berjumbai atau taplak meja renda.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dapur Vintage yang Tak Lekang oleh Waktu

Lantai dapur kotak-kotak

Lantai dapur kotak-kotak juga menjadi pelengkap dapur bergaya Boho. Pilihlah lantai berwarna monokrom untuk tampilan yang lebih klasik.

Jika menggunakan pola tebal pada lantai, maka pola di lemari dan dinding perlu dikurangi. Di dapur Bohemian, lantai bermotif akan membuat dapur terasa lebih hangat.

Selain di lantai, pola atau motif juga bisa ditampilkan di dinding melalui pemasangan wallpaper atau backsplash.

Tambahkan tanaman hias dan gelas antik di rak terbuka

Ilustrasi tanaman hias di dapur.Shutterstock/New Africa Ilustrasi tanaman hias di dapur.

Tanaman hias membuat dapur bergaya Boho semakin menarik dan segar. Untuk menonjolkan ornamen dekorasi ini, letakkan tanaman hias di rak terbuka.

Selain tanaman hias, rak terbuka juga bisa digunakan untuk meletakkan gelas antik yang membuat dapur lebih estetik. Namun, karena rak ini tidak memiliki pintu, tanaman hias dan gelas antik perlu rutin dibersihkan.

Baca juga: Panduan Meletakkan Tanaman Hias di Dapur

Utamakan kehangatan dan tekstur

Saat mendesain dapur Boho, utamakan menggunakan material yang menciptakan suasana hangat dan ramah. Hindari terlalu banyak logam dan kaca yang bisa memberikan kesan modern di ruangan.

Ide dekorasi dapur bergaya Boho ini juga bisa dengan menggunakan warna dan tekstur kayu yang berbeda, sehingga tercipta suasana hangat dan ramah di dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com