Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Retro, Cantik dan Menarik

Kompas.com - 21/12/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior gaya retro adalah daya desain interior yang berkaitan dengan gaya masa lalu. Model interior rumah ini bisa diaplikasikan di berbagai ruangan, tak terkecuali di dapur.

Dapur retro merupakan salah satu gaya dapur yang banyak disukai. Alessandra Wood, wakil presiden gaya di Modsku, sebuah layanan dekorasi interior online, mengatakan bahwa dapur retro adalah dapur abad pertengahan yang terkenal dengan lemari logam atau lemari kayu bergaya cottage, meja formika, dan perlengkapan antik.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Tradisional, Berikan Kesan Klasik dan Menawan

Sementara itu, desainer Christine Tukneet mengatakan, salah satu cara mendesain dan mendekorasi dapur retro yaitu dengan menggunakan peralatan warna-warna favorit dan menciptakan palet warna di sekitarnya.

Selain itu, gabungkan juga motif dan warna yang berbeda untuk mempertahankan nuansa retro cerah.

Dikutip dari The Spruce, Kamis (21/12/2023), berikut ini ide dekorasi dapur bergaya retro yang cantik dan menarik.

Menggunakan rak terbuka berwarna cerah

ilustrasi dapur retroShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi dapur retro

Salah satu cara menghadirkan gaya retro di dapur yaitu dengan menggunakan rak terbuka berwarna cerah. Warna cerah akan membuat dapur terasa lebih menyenangkan.

Rak ini bisa digunakan untuk menyimpan peralatan makan seperti gelas, piring, dan sendok. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menyimpan makanan ringan, selai, saus. dan bahan makanan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Tampak Menarik dan Rapi

Meletakkan set meja makan

Set meja makan dan kursi seperti di restoran juga bisa menambah gaya retro di dapur. Meja tersebut bisa digunakan untuk makan bersama keluarga dan teman dengan lebih nyaman.

Selain itu, meja makan juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan yang telah dimasak. Gunakan set meja makan berwarna cerah agar terlihat semakin retro.

Gunakan ornamen dekorasi vintage

Ide dekorasi dapur bergaya retro selanjutnya yaitu menggunakan ornamen dekorasi vintage. Beberapa ornamen dekorasi vintage yang bisa digunakan, antara lain; hiasan kulkas dari rajutan, kipas antik, jam dinding di atas kulkas, dan lain sebagainya.

Untuk menambah kesan antik dan vintage, gunakan warna cerah dan material dari logam. Ornamen dekorasi tersebut membuat dapur terlihat lebih unik dan menarik.

Baca juga: 6 Cara Menciptakan Dapur Vintage, Bikin Suasana Makan Jadi Hangat

Pasang hiasan dinding

Jangan hanya memperhatikan peralatan masak, perhatikan juga dekorasi dinding agar dapur terlihat lebih menarik.

Pada dapur bergaya retro, dinding bisa di dekorasi dengan hiasan bergaya vintage, seperti hiasan dinding dari rajutan yang berwarna cerah. Dekorasi dinding ini akan membuat dapur terlihat lebih menakjubkan.

Gunakan peralatan dapur berwarna oranye

peralatan dapur berwarna cerah cocok untuk dapur retroShutterstock/Africa Studio peralatan dapur berwarna cerah cocok untuk dapur retro

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com