Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Dapur dengan Warna Biru, Cantik dan Menarik

Kompas.com - 24/12/2023, 18:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Warna biru menjadi salah satu yang tak pernah ketinggal zaman. Warna ini selalu cocok digunakan setiap tahunnya.

Warna biru juga bisa dipadukan dengan berbagai model desain interior dan warna-warna lain, sehingga tampilannya semakin menarik

Baca juga: Menurut Ahli, Ini Makna Warna Biru dan Cara Penerapannya di Rumah

Warna biru bisa digunakan di berbagai ruangan termasuk dapur. Dapur berwarna biru akan terlihat cantik, klasik, dan menarik.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (24/12/2023), berikut ide dekorasi dapur dengan warna biru.

Dapur modern berwarna biru

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna biru muda. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi dapur dengan nuansa warna biru muda.

Lemari dapur berwarna biru cerah akan menciptakan kesan mencolok. Untuk menyeimbangkan tampilan dapur, berikan warna gelap dan jendela besar tanpa gorden, tak terbuka, dan lampu gantung yang cantik.

Selain itu, tambahkan juga kursi dan meja dapur untuk memberikan kesan modern pada dapur tersebut.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Retro, Cantik dan Menarik

Letakkan meja dapur berwarna biru

Ide dekorasi dapur dengan warna biru lainnya yaitu menempatkan meja dapur berwarna biru. Meja dapur biru bisa dipadukan dengan warna putih, peralatan dari baja, dan lantai kayu yang memberikan kesan cantik.

Pilihlah warna biru denim untuk memberikan kesan berbeda. Selain itu, letakkan kursi bar di meja dapur yang membuat dapur lebih fungsional.

Gunakan perlengkapan dapur berwarna biru

Untuk tampilan warna yang lebih permanen, carilah perlengkapan dapur berwarna biru. Sebagai contohnya, gunakan kompor dan oven berwarna biru tua.

Padukan perlengkapan warna biru dengan dapur dapur berwarna putih, backsplash abu-abu, dan lantai batu abu-abu. Di permukaan meja, lapisi dengan material atau warna kayu untuk menambah kehangatan dalam ruangan tersebut.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Tradisional, Berikan Kesan Klasik dan Menawan

Dapur bernuansa biru tua

Ilustrasi dinding dapur warna biru. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi dinding dapur warna biru.

Nuansa biru gelap dan murung ternyata banyak disukai. Dapur berwarna biru gelap ini banyak ditampilkan di rumah bergaya farmhouse.

Untuk menambah kesan cantik, padukan elemen antik dengan meja marmer tradisional, pencahayaan vintage, dan perlengkapan dapur dari kuningan mengkilap.

Tampilkan juga ubin batu dan letakkan karpet bermotif di atasnya untuk memberikan kesan antik dan menarik.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Dapur Klasik, Terlihat Mewah dan Nyaman

Gunakan lemari dapur berwarna biru mengkilap

Terakhir, ide dekorasi dapur dengan warna biru yaitu menggunakan lemari dapur berwarna biru mengkilap. Nuansa biru jenuh ini cocok ditempatkan di ruangan kecil.

Namun, pada dapur sempit, batasi penggunaan warna biru tua. Sebagai gantinya, padukan dengan lemari atau meja dapur berwarna putih.

Cat yang digunakan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, pilih cat yang hasil akhirnya mengkilap agar bisa memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com