Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2024, 11:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun baru menjadi momen munculnya tren desain interior baru yang bakal populer pada 2024, dari ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga ruang makan. 

Namun, para ahli juga membagikan tren yang tidak lagi disukai pada tahun ini. Dengan data yang dikumpulkan dari Houzz, 1st Dibs, dan desainer interior di seluruh dunia, ada sejumlah tren yang diperkirakan akan semakin meningkat pada tahun mendatang beserta gaya dan item yang akan terganti.  

Baca juga: 6 Tren Lantai Vintage yang Kembali Populer di 2024

Para ahli telah menyatakan preferensi warna terus berkembang, dekade ikonik lainnya telah tiba, kesamaan pola berubah, dan tuntutan akan kehidupan fungsional pun berubah.

Nah, disadur dari Better Homes and Gardens, Kamis (11/1/2024), berikut sejumlah tren desain interior yang bakal populer pada 2024. 

Tren Boho 70an

Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi Bohemian.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang tamu dengan dekorasi Bohemian.
Modernisme abad pertengahan pascaperang telah mendominasi tren interior dan desain furnitur selama bertahun-tahun.

Namun, menurut Anthony Barzilay Freund, Direktur Editorial di 1stDibs, kita dapat mengharapkan evolusi gaya mid-mod pada 2024 karena bentuk modern tahun 1960an yang berkuasa sejak 2020 membuka jalan bagi bohemianisme 1970an.

Berbeda dengan kualitas furnitur dan gaya 60-an yang sederhana dan tidak menonjolkan diri, Barzilay Freund menggambarkan tahun 70-an sebagai “bersemangat, subur, dan penuh warna” sehingga memberikan daya tarik segar bagi penggemar desain abad ke-21.

“Kami melihat minat kuat dan berkelanjutan terhadap para pencipta, seperti Gubi dan desain rotan karya Gabriella Crespi, yang karya-karyanya secara umum merupakan lambang gaya Italia 1970-an,” ucapnya.

Hadirkan energi semangat bebas, semangat, dan optimisme era ini dengan rotan alami, desain furnitur ikonik, perpaduan motif bunga dan pola bergelombang yang berani, serta menampilkan estetika eklektik secara keseluruhan. 

Baca juga: Catat, Ini Tren Desain Interior yang Harus Ditinggalkan pada 2024

Warna kaya dan bersahaja 

Selanjutnya, tren desain interior yang bakal populer pada 2024 adalah warna-warna yang kaya dan bersahaja. Para desainer interior saat ini mulai meninggalkan warna permata cerah demi palet musim gugur yang menampilkan warna hijau bijak dan warna tanah liat yang kaya.

Menurut data dari 1st Dibs, hijau sage akan menjadi warna paling populer pada 2024, diikuti coklat tanah, oranye burnt, kuning mustard, dan warna coklat.

Joa Studholme, kurator warna di Farrow & Ball, mengatakan warna tanah liat yang hangat, seperti Jitney dan Stirabout, menjadi sorotan.

Nuansa hangat dan bersahaja ini memupuk serta meyakinkan kita di saat-saat penuh ketidakpastian, menciptakan ruang yang nyaman, harmonis, juga enak dipandang.

Secara kebetulan, palet warna tanah ini mengingatkan kita pada tahun 70an. Jika bukan dengan cat, Anda dapat menggunakan pelapis beludru, tekstur berlapis dengan pola retro, dan aksesori dekoratif yang menarik. 

Baca juga: 5 Tren Warna Cat Eksterior di 2024 yang Menarik dan Cantik

Biru menjadi tren warna populer 

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru aqua.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru aqua.
Lebih dari separuh pemasok cat terkemuka telah memilih biru untuk mewakili semangat 2024. Menurut psikologi warna, biru umumnya dikaitkan dengan ketenangan, relaksasi, kepercayaan, kesetiaan, dan keandalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com