Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Ubin yang Bakal Populer pada 2024, Tahan Lama dan Menarik

Kompas.com - 08/12/2023, 16:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak diragukan lagi bahwa ubin adalah bahan serbaguna yang dapat mengubah dan meningkatkan tampilan berbagai ruangan di rumah, dari dapur, kamar mandi, hingga ruang keluarga.

Namun, seperti halnya warna cat, desain dan tren ubin dapat berubah-ubah sesuai dengan gaya dan pada akhirnya dapat membuat sebuah ruangan terlihat kuno.

Nah, untuk menghindarinya, jika berencana mengganti ubin bagian rumah dalam beberapa bulan mendatang, berikut beberapa tren ubin yang bakal populer 2024 dan memiliki daya tahan lama dilansir dari The Spruce, Jumat (8/12/2023).  

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Cat dari Ubin, Mudah dan Cepat

Terrazzo yang luar biasa

Ilustrasi ubin terrazzo. Shutterstock/JORDEN MARBLE Ilustrasi ubin terrazzo.
Dekade terakhir telah melihat kebangkitan terrazzo atau teraso tidak hanya dalam tradisional, tetapi juga reinterpretasi modern yang menambahkan dimensi lain dari bintik-bintik raksasa, berwarna tidak konvensional, hingga penjajaran material yang menarik.

Sepertinya tren ubin terrazzo ini tidak akan mereda dalam waktu dekat.

Laurence Carr, pendiri dan CEO Laurence Carr, menjelaskan ubin terrazzo bisa menciptakan tampilan klasik dan abadi. Itulah sebabnya jenis ubin ini kembali populer.

"Ubin terrazzo sering kali dibuat dari campuran serpihan marmer dan semen. "Terrazzo tampil dengan penuh semangat pada Cersaie ini, menunjukkan vitalitas yang menyenangkan," tambah Cristina Stivala, Direktur Kreatif Taller KEN. 

Cersaie adalah salah satu pameran ubin internasional terbesar di dunia yang berada di Italia dan sering dianggap sebagai indikator tren ubin yang akan datang. 

"Sepanjang pameran, teraso memamerkan pesonanya dalam palet warna nostalgia dan warna-warna bersahaja, sementara juga dengan berani bercabang ke dalam variasi warna yang segar dan cerah, beberapa di antaranya berkilau dengan kegembiraan yang ceria," kata Stivala.

Warna-warna yang tidak lazim ini berkisar dari pastel dan primer hingga metalik, dan bintik-bintiknya bisa sangat besar dengan asimetri yang berlebihan. 

Baca juga: 4 Tren Ubin yang Tetap Populer Menurut Profesional

Keberlanjutan maksimal

Selanjutnya, tren ubin yang bakal populer 2024 adalah ubin keberlanjutan. Carr mengatakan, karena keberlanjutan menjadi semakin penting bagi konsumen, semakin banyak produsen menawarkan pilihan berkelanjutan, seperti ubin yang terbuat dari bahan daur ulang atau ubin yang diproduksi dengan sertifikasi pihak ketiga.

Keberlanjutan telah ada sejak lama, tapi para produsen menemukan cara-cara inovatif atau yang belum banyak digunakan untuk menerapkannya.

Stivala menjelaskan ada produsen yang menerapkan keberlanjutan dalam setiap aspek operasi mereka, dari proses pembakaran hingga transportasi.

"Mereka meminimalkan penggunaan material, membuat ubin yang sepenuhnya dapat didaur ulang,bahkan menggunakan kemasan tanpa perekat," imbuh Stivala. 

Baca juga: Catat, Ini Kesalahan Memasang Ubin yang Harus Dihindari

Tampilan buatan tangan

Keramik dengan pola subway yang dipasang di area dapurShutterstock Keramik dengan pola subway yang dipasang di area dapur
Ubin buatan tangan dan artisanal yang memamerkan ketidaksempurnaan terus mendapatkan popularitas, terutama pada ubin tradisional, seperti subway

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com