Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Kesalahan Memasang Ubin yang Harus Dihindari

Kompas.com - 02/09/2023, 22:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin atau lantai rumah menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan saat hendak mendekorasi rumah. Selain memilih material ubin yang tepat, pemasangan ubin juga harus dilakukan dengan cermat.

Pemasangan ubin yang tidak tepat akan membuat ruangan kurang menarik. Bahkan, kesalahan pemasangan bisa membuat Anda mengeluarkan biaya yang besar karena harus merombak ubin yang telah terpasang.

Dilansir dari Ideal Home, Sabtu (2/9/2023), berikut ini beberapa kesalahan memasang ubin yang harus dihindari.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Lantai Rumah

Tidak melihat sampel terlebih dahulu

Kesalahan umum yang biasanya dialami saat membeli ubin yaitu tidak melihat sampel terlebih dahulu.

Saat hendak membeli ubin, sebaiknya minta contohnya terlebih dahulu agar Anda bisa melihat warna, motif, dan tekstur lantai tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui lantai tersebut cocok atau tidak dengan ruangan di rumah.

Ilustrasi pemasangan ubin keramikShutterstock Ilustrasi pemasangan ubin keramik

Tidak menghitung kebutuhan ubin

Saat memasang lantai baru, seringkali kita kekurangan material lantai karena lupa menghitung kebutuhan ubin tersebut. Kesalahan ini menjadi fatal karena dikhawatirkan ubin yang sudah terpasang stoknya sudah tidak tersedia di toko bangunan.

Hal tersebut membuat Anda terpaksa memasang ubin dengan motif atau warna lain untuk menutupi bagian yang belum terlapisi. Akibatnya, ruangan menjadi kurang estetik karena ubinnya berbeda.

Baca juga: Simak 5 Hal Ini Sebelum Memasang Lantai Kayu

Membeli ubin yang ukurannya salah

Perlu diketahui bahwa ukuran ubin sangat beragam. Ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan luas ruangan.

Untuk ruangan yang besar, dianjurkan menggunakan ubin yang besar. Sebaliknya, pada ruangan yang sempit, sebaiknya menggunakan ubin yang kecil saja.

Seringkali, dalam pemasangan ubin di rumah, ukuran tidak diperhatikan dengan seksama. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan lebih banyak dan menyebabkan tampilannya kurang estetik.

Tidak memperhatikan kualitasnya

Pasti banyak diantara kita yang lebih mementikan harga murah dibandingkan kualitas yang bagus. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan, terutama saat Anda sedang membeli ubin.

Saat membeli ubin yang murah, maka kualitas produk yang didapatkan pun kurang bagus. Akibatnya, ubin yang dipasang menjadi mudah pecah dan membuat Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: 5 Tips Memilih Ubin Lantai Ruang Tamu

Tidak membuat rencana tata letak

Kesalahan memasang ubin lainya yang perlu dihindari yaitu tidak membuat rencana tata letaknya. Hal ini bisa membuat pekerjaan semakin lama. Lebih baik membuat sketsa terlebih dahulu dan memastikan ukuran ubin sudah sesuai dengan tempat peletakan ubin tersebut.

Ilustrasi lantai rumah.Shutterstock/Lubo Ivanko Ilustrasi lantai rumah.

Salah memilih material ubin

Material ubin harus disesuaikan dengan tempat pemasangan. Ubin yang akan dipasang di dalam dan luar ruangan tentu terbuat dari material yang berbeda.

Jadi, jangan hanya memperhatikan desainnya saja, pastikan juga materialnya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak menggunakan jasa profesional

Terakhir, kesalahan memasang ubin yang sering dilakukan yaitu tidak menggunakan jasa profesional. Hal ini bisa menjadi fatal karena dapat membuat pekerjaan tidak cepat selesai dan hasil akhirnya kurang sesuai dengan ekspektasi.

Baca juga: 6 Ide Ubin Kamar Mandi yang Cantik dan Mencerahkan

Pemasangan ubin yang rumit memerlukan keahlian khusus. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com