Kompas.com - 26/09/2022, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, lantai menjadi elemen dekorasi yang memengaruhi tampilan pada berbagai ruangan di rumah.

Pemilihan ubin lantai yang benar dan sesuai dengan kebutuhan akan membuat ruangan terasa lebih ringan dan lapang, dan sebaliknya penggunaan ubin lantai yang salah akan membebani ruangan.

Hal ini juga terkait dengan pemilihan warna, jenis ubin, hingga ukuran. Dilansir Architectural Digest, Senin (26/9/2022) berikut tips untuk memilih ubin lantai ruang tamu

Baca juga: Ingin Meninggikan Lantai Rumah Karena Banjir? Pertimbangkan Hal Ini

Ilustrasi lantai rumah. Shutterstock/FotoAndalucia Ilustrasi lantai rumah.

1. Jenis ubin

Ubin memiliki berbagai jenis dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Ubin keramik akan lebih tahan lama dan terjangkau, namun rentan retak sehingga cocok digunakan di area yang memiliki lalu lintas ringan dan sedang. 

Adapun ubin porselen lebih padat, kuat, tahan gores dan noda daripada keramik. Untuk hasil akhir yang mulus, pilih ubin porselen tanpa sambungan.

Gunakan grouting epoxy untuk memberikan tampilan yang rapi.

Bagi Anda yang ingin memberikan kesan alam, bisa memilih pelapis lantai alami seperti batu pasir, batu kapur, marmer atau travertine dalam bentuk ubin.

Baca juga: 7 Ide Desain Kamar Mandi di Lantai Bawah

Untuk tampilan yang berani, pilihlah ubin semen yang tersedia dalam pola tradisional. Namun, karena ini berpori di alam, mereka perlu disegel secara berkala.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.