Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Memilih Ubin Lantai Ruang Tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, lantai menjadi elemen dekorasi yang memengaruhi tampilan pada berbagai ruangan di rumah.

Pemilihan ubin lantai yang benar dan sesuai dengan kebutuhan akan membuat ruangan terasa lebih ringan dan lapang, dan sebaliknya penggunaan ubin lantai yang salah akan membebani ruangan.

Hal ini juga terkait dengan pemilihan warna, jenis ubin, hingga ukuran. Dilansir Architectural Digest, Senin (26/9/2022) berikut tips untuk memilih ubin lantai ruang tamu. 

1. Jenis ubin

Ubin memiliki berbagai jenis dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Ubin keramik akan lebih tahan lama dan terjangkau, namun rentan retak sehingga cocok digunakan di area yang memiliki lalu lintas ringan dan sedang. 

Adapun ubin porselen lebih padat, kuat, tahan gores dan noda daripada keramik. Untuk hasil akhir yang mulus, pilih ubin porselen tanpa sambungan.

Gunakan grouting epoxy untuk memberikan tampilan yang rapi.

Bagi Anda yang ingin memberikan kesan alam, bisa memilih pelapis lantai alami seperti batu pasir, batu kapur, marmer atau travertine dalam bentuk ubin.

Untuk tampilan yang berani, pilihlah ubin semen yang tersedia dalam pola tradisional. Namun, karena ini berpori di alam, mereka perlu disegel secara berkala.

2. Ukuran ubin 

Pilih ubin berukuran besar untuk ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur, dan yang lebih kecil cocok untuk dapur dan kamar mandi. Ingatlah bahwa ubin besar menciptakan lebih sedikit garis sambungan dan memberi kesan lapang.

3. Finishing ubin 

Ubin mengkilap memiliki kemilau seperti cermin yang menarik yang memantulkan banyak cahaya, menambah kecerahan dan memberi rumah tampilan yang luas.

Namun, ubin glossy tidak boleh digunakan di area seperti dapur atau kamar mandi karena cenderung licin saat basah.

Ubin lapisan matte tahan slip, tidak reflektif dan tidak mudah terkena noda atau kotoran. Juga, ubin anti slip mengurangi risiko jatuh di area yang lembap seperti dapur dan kamar mandi.

Untuk keamanan maksimum, pilih ubin dengan nilai COF (koefisien gesekan) lebih dari 0,6. Anda juga dapat menggunakan lapisan semi-matte. Ini memiliki kilau yang lebih tinggi daripada ubin matte dan bersifat non-slip.

4. Desain ubin

Ubin tersedia dalam berbagai warna dan pola. Dengan kemajuan teknologi pencetakan digital, ubin dapat mensimulasikan tampilan dan nuansa bahan alami seperti kayu, marmer, dan berbagai jenis batu alam.

Anda juga dapat memadupadankan dua atau lebih ubin untuk membuat pola yang menarik.

5. Biaya

Hitung jumlah pasti ubin yang dibutuhkan untuk lantai dan pastikan untuk menambahkan 10 persen kelebihan ke dalamnya. Tentukan anggaran sehingga memilih ubin lantai bisa menjadi sedikit lebih mudah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/26/082100576/5-tips-memilih-ubin-lantai-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke