Kompas.com - 25/09/2022, 21:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comIkan mas koki merupakan salah satu jenis ikan yang sering dipelihara beberapa orang karena memiliki tampilan menarik. Ikan mas datang dalam beragam jenis dengan ciri khas tersendiri.

Ikan mas koki Comet, misalnya, adalah jenis ikan paling umum dikenali. Ikan mas koki memiliki tubuh panjang, hadir dalam berbagai warna putih, coklat, emas, dan merah, serta tumbuh sangat besar dan cepat. 

Disadur dari The Spruce Pets, Minggu (25/9/2022), ada beberapa jenis ikan mas koki yang tidak kalah unik dan menarik seperti jenis Comet. Apa saja?

Baca juga: Berapa Kali Ikan Mas Koki Harus Diberi Makan? Ini Panduannya

Shubunkin

Ilustrasi ikan mas koki jenis Shubunkin.SHUTTERSTOCK / JuanCarlosPalauDiaz Ilustrasi ikan mas koki jenis Shubunkin.

Shubunkin adalah ikan mas koki yang mirip dengan Comet. Tubuhnya sama-sama panjang, tetapi siripnya lebih panjang dan tubuhnya memiliki warna calico—campuran warna hitam, merah, putih, dan biru.

Jenis ikan mas koki satu ini bisa dipelihara di kolam luar rumah dan akuarium serta memiliki tubuh sepanjang 30-35 sentimeter (cm).

Sarasa

Sarasa, yang juga disebut Painted Goldfish, adalah ikan mas koki yang tampilannya menyerupai ikan koi Kohaku.

Sebab, pola warnanya adalah merah terang dan putih. Ikan mas koki jenis Sarasa memiliki tubuh dan sirip yang panjang serta bisa dipelihara di luar atau dalam rumah.

Baca juga: Ikan Mas Koki Keracunan Nitrat? Ini 6 Solusinya

Fantail

Fantail adalah salah satu jenis ikan mas koki kategori mewah. Mereka dibiakkan untuk memiliki ekor ganda yang menyatu di sepanjang tepi punggungnya.

Ikan mas koki fantail bertubuh sedang hingga pendek sehingga kesulitan untuk berenang. Ikan mas koki jenis Fantail hanya boleh dipelihara di akuarium dalam ruangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.