Kompas.com - 03/08/2021, 19:38 WIB
Ilustrasi keramik
shutterstockIlustrasi keramik

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih lantai rumah adalah usaha yang mengasyikkan, tetapi juga tugas yang membutuhkan perencanaan cermat untuk memastikan melakukannya dengan tepat.

Sebab, salah memilih lantai rumah bisa membuat ruangan terlihat buruk sehingga Anda harus memperbaiki atau menatanya ulang.

Untuk membantu memilih lantai rumah yang tepat, berikut ini ada enam kesalahan yang harus dihindari saat membeli lantai rumah dilansir dari laman Homes and Gardens, Selasa (3/8/2021). 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Granit vs Keramik untuk Lantai Rumah 

Tidak memesan cukup lantai 

Kebanyakan orang menghabiskan waktu untuk memilih desain dan motif lantai tanpa menghitung jumlah lantai atau ubin yang diperlukan. Akibatnya, sering kali kekurangan lantai saat di akhir pemasangan. 

Hamish Smith, Direktur Kreatif di Ca' Pietra, mengatakan kesalahan umum dan terkadang mahal saat memesan ubin secara online tidak mempertimbangkan pemborosan dan kerusakan.

"Itulah sebabnya kami merekomendasikan memesan tambahan ubin atau lantai 10 persen untuk mencegah kekurangan." 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Pilihan Ubin Lantai Kamar Mandi Antilicin 

Membuang sisa lantai atau keramik 

Sama pentingnya dengan menambahkan 10 persen keramik dari kebutuhan, menyimpan keramik yang tersisa juga perlu dilakukan. Simpan sisa keramik karena Anda akan membutuhkannya pada masa mendatang.

Kamila Chalfin di Tile Giant mengatakan simpan keramik yang tersisi di tempat yang aman daripada mengembalikannya ke toko.

Perlu diketahui, keramik dibuat dalam batch dan gaya baru yang dikeluarkan setiap tahun. Jadi, jika Anda membutuhkan keramik yang sama pada masa mendatang, kemungkinan akan kesulitan menemukannya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak pada Lantai dan Nat Kamar Mandi 

Memilih ukuran yang salah 

Lantai atau ubin tersedia dalam berbagai ukuran, dari batu bata metro 7,5 x 15 sentimeter hingga ubin format besar 60 x 120 sentimeter.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.