Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2023, 18:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun baru akan segera tiba. Ada banyak cara untuk menyambut pergantian tahun, mulai dari membuat pesta perayaan hingga mengubah interior rumah agar terasa lebih segar.

Setiap tahun tren interior rumah berubah. Perubahan tersebut bisa terjadi pada warna cat, tata letak, furnitur, hingga ornamen dekorasi rumah.

Baca juga: 5 Tren Desain Interior yang Membutuhkan Perawatan Lebih Rutin

Dikutip dari House Beautiful, Minggu (10/12/2023), berikut ini tren desain interior 2024 menurut para ahli yang bisa menjadi inspirasi.

Menghadirkan nuansa cokelat

Ilustrasi ruang tamu minimalis bernuansa cokelatSHUTTERSTOCK/WUTTHICHAI1983 Ilustrasi ruang tamu minimalis bernuansa cokelat

Salah satu gaya desain interior yang diprediksi akan menjadi tren di tahun depan yaitu desain rumah bernuansa cokelat dan abu-abu. Warna ini terlihat manis dan tenang.

Warna abu dan cokelat bisa ditampilkan pada lemari maupun ornamen kain yang dipasang di rumah.

Menurut desainer Katie Rosenfeld, warna cokelat cocok dipadukan dengan warna pink. Perpaduan tersebut bisa dilihat dari penggunaan wallpaper.

Baca juga: 6 Tips Desain Interior Rumah yang Menenangkan dan Bikin Betah

Menggunakan patung sebagai ornamen dekorasi

Patung merupakan salah satu karya seni yang dapat digunakan sebagai ornamen dekorasi. Karya seni tiga dimensi ini akan membuat rumah terlihat lebih menarik.

Tara McCauley, seorang desainer mengatakan patung yang dipasang di dinding menampilkan banyak dimensi. Karya seni ini juga bisa memberikan hasil akhir, tekstur, dan bentuk yang unik.

McCauley menyarankan untuk memilih warna dinding yang gelap agar patung bisa mudah terlihat dan menjadi titik fokus pada ruangan tersebut.

Menampilkan warna berani

Selanjutnya, tren desain interior 2024 adalah menampilkan warna yang berani. Leah Alexander dari Beauty is Abundant bahkan mengatakan tahun depan menjadi waktu yang tepat untuk memilih warna yang cerah dan berani.

Alexander juga mengatakan bahwa dirinya lebih menyukai bentuk sederhana dengan warna yang unik.

Baca juga: 7 Prinsip Desain Interior Skandinavia yang Perlu Diketahui

Menampilkan mural

ilustrasi mural di tangga rumahShutterstock/Stanislaw1999 ilustrasi mural di tangga rumah

Desain interior rumah akan semakin menarik dengan hadirnya murah.

Andre Hilton dari Jordan Hilton interiors mengatakan bahwa murah bisa digunakan untuk menghias area yang jarang diperhatikan seperti serambai dan area bawah tangga.

Mural bisa mengubah tangga yang awalnya membosankan menjadi terlihat lebih menarik. Ia juga yakin tren ini akan disukai banyak orang.

Membuat ruang keluarga terasa lebih hangat dan nyaman

Alexis Pew dari Kaminski + Pew mengatakan tren desain interior 2024 adalah membuat ruang keluarga tetap minimalis, namun berevolusi dengan tampilan yang tidak terlalu kaku agar nuansa yang dihadirkan lebih organik dan nyaman.

Baca juga: 5 Cara Menerapkan Gaya Desain Interior Minimalis

Untuk membuat ruang keluarga terasa hangat dan bertekstur yaitu dengan menggunakan material alami dan warna yang lebih bersahaja. Alexis menyarankan untuk mengganti warna putih cerah dan abu-abu menjadi warna krem, cokelat, dan hijau kalem.

Nah, itulah beberapa tren desain interior rumah 2024 menurut para ahli. Pemilihan desain interior bisa disesuaikan dengan gaya pemilik rumah dan kondisi hunian tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com